13 Februari 2009 14 Universitas Islam Berbasis TI

Semarang, Bisnis Indonesia – Sebanyak 14 Universitas Islam di Indonesia menerapkan sistem pendidikan berbasis teknologi informasi (TI).

Meneri Agama Muhammad Maftuh Basyuni mengatakan jumlah tersebut terdiri dari enam universitas Islam negeri (UIN) dan delapan institut agama Islam negeri (IAIN).

Dia menambahkan penerapan sistem TI tersebut akan bekerja sama dengan PT Telkom Tbk selaku penyedia layanan dan aplikasi konten hadits online.

“Ada 14 universitas yang segera menerapkan sistem TI ini, yang diharapkan disusul dengan sekolah tinggi Islam, hingga ke tingkat madrasah,” katanya disela-sela seminar nasional Membangun Pendidikan Islam Berbasis TI di kampus IAIN Walisongo Semarang, kemarin.

Menag menilai membangun pendidikan agama Islam berbasis TI sangat penting untuk mengikuti sistem pembelajaran modern.

Dia menuturkan dalam lingkungan pendidikan di Departemen Agama, 90% diantaranya adalah lembaga pendidikan swasta yang masih jauh dari TI.

Slamet Riyadi, Vice President Enterprise PT Telkom, mengatakan komunikasi Islam khususnya di Jawa Tengah cukup potensial untuk pengembangan kampus berbasis TI.

“Kerja sama Telkom solution business partner dengan perguruan tinggi Islam, pondok pesantren dan madrasah bertujuan mengingkatkan pemanfaatan TI sehingga mampu mencetak almamater yang kompetitif. (K42)

0 komentar: