Jakarta, Investor Daily – PT Indonusa Telemedia, yang mengelola Telkom Vision menargetkan jumlah pelanggan sebanyak 427 ribu hingga akhir 2009. Target itu berarti naik 100% lebih dibandingkan jumlah pelanggan saat ini yang mencapai 215 ribu.
“Industri televisi berbayar pada tahun ini akan berkembang baik, karena itu kami optomisitis Telkom Vision bisa mencapai target tersebut,” kata Vice President Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia di Jakarta, Senin (9/2).
PT Indonusa Telemedia adalah anak perusahaan Telkom dengan menguasai 98,7% sahamnya. Sedangkan sisanya (1,26%) dikuasai PT Multimedia Nusantara.
Telkom menyakini industri televisi berbayar sekarang cukup matang, yang antara lain ditandai dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan acara televisi bermutu, edukatif dan menghibur.
“Pasar televisi berbayar masih sangat besar,” jelas Eddy Kurnia.
Untuk itu, dalam waktu dekat Telkom Vision akan meluncurkan program baru dan mengembangkan distribution channel melalui modern market maupun ribuan agen pemasaran yang tersebar diseluruh Indonesia.
“Kami berharap dengan Telkom Vision, kami dapat berperan serta dalam meningkatkan kualitas hiburan dan pendidikan bagi masyarakat,” kata Eddy.
Selain saluran hiburan dan keluarga, Telkom Vision juga menyajikan saluran pendidikan, seperti Discovery Channel, National Geographic, Animal planet, serta acara khusus untuk anak-anak.
Berbeda dengan operator televisi berbayar lain, Telkom Vision menggunakan dua platform teknologi. Pertama, layanan direct to home (DTH), yakni siaran dipancarkan melalui satelit digital dan diterima pelanggan yang menggunakan parabola dan decoder. Layanan DTH ditujukan kepada pelanggan perumahan. Kedua, siaran disalurkan melalui kabel, yakni untuk pelanggan korporasi, hotel, kawasan bisnis, dan cluster perumahan.
“Keunggulan lain dari penggunaan teknologi DTH adalah pelanggan bisa memilih sistem postpaid (berlanggan bulanan) atau prepaid (prabayar) yang menggunakan voucher isi ulang,” jelas Eddy.
Voucher bisa dibeli melalui agen Telkom Vision di 2.700 kantor pos online atau melalui SMS Bank Mandiri. Khusus bagi pemegang Visa Card dapat membeli voucher dengan cara mengirim SMS ke 8472, dengan terlebih dahulu registrasi.
Salah satu program siaran andalan Telkom Vision adalah pertandingan sepakbola Liga Italia. “Telkom Vision menyuguhkan seluruh pertandingan tiap pekan, Sabtu dan Minggu,” kata Eddy. (rz)
0 komentar:
Posting Komentar