24 Februari 2009 30% Pelanggan Prabayar IM3 Gunakan GPRS

Oleh Roni Yunianto


Jakarta, Bisnis Indonesia – Dalam sehari, sebanyak 20%-30% pengguna kartu IM3 Indosat menggunakan akses general packet radio services (GPRS) untuk ber-Internet.

Guntur S. Siboro, Direktur Pemasaran PT Indosat Tbk menuturkan, IM3 merupakan segmen yang lekat dengan data akses GPRS. “Kami berharap porsi penggunaan data di segmen usia 11-25 tahun ini akan meningkat lagi,” ujarnya di sela-sela peluncuran IM3 GROOV3, kemarin.

Lebih dari 20 juta pelanggan Indosat saat ini adalah pemegang kartu IM3. “Bahkan pada kuartal III/2008 basis pelanggan IM3 sudah lebih dari 23 juta,” tuturnya.

Dia menilai aplikasi menjadi kunci bagi peningkatan akses GPRS, sehingga tidak mengherankan jika 70% trafik pengguna aplikasi tertentu untuk chatting dan berkirim e-mail menggunakan IM3.

“Biasanya jika tidak segera diantisipasi, lonjakan data tidak terkejar lagi dengan peningkatan kapasitas,” tegasnya.

Secara total, pertumbuhan trafik data sudah mencapai hampir empat kali lipat dalam setahun terakhir.

Guntur mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan trafik pengguna data, pihaknya menempuh strategi menambah kapasitas melalui proyek dekongesti.
“Dalam proyek ini kami cermati, BTS [base transceiver station] yang kepadatan trafiknya sudah 80%-90% langsung kami tambah kapasitasnya dengan penambahan cell-cell baru,” katanya.

Dia menambahkan pola dekongesti lainnya adalah dengan menambah BTS atau menambah frekuensi.
“Harga penawaran untuk frekuensi sudah kami ajukan ke pemerintah,” ujar Guntur.

Indosat juga telah meningkatkan kapasitas link yang langsung menuju server Research in Motion untuk mengakomodasi pengguna BlackBerry dari 2Mbps menjadi 10Mbps akhir 2008.

IM3 GROOV3 dikemas dengan kartu perdana IM3 iklan, tarif paket telepon, SMS dan Internet dengan harga hemat. Adapun voucher Internet Rp10 per 30 detik dengan kecepatan 256 Kbps berbentuk elektronik berdenominasi Rp 5.000.

0 komentar: