KONTRIBUSI VAS
Value added service (VAS) bukan Cuma menjadi strategi operator menambah pelanggan atau menahan agar pelanggan tak beralih ke operator lain. VAS juga memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pendapatan operator.
Value added service (VAS) bukan Cuma menjadi strategi operator menambah pelanggan atau menahan agar pelanggan tak beralih ke operator lain. VAS juga memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pendapatan operator.
Direktur Pemasaran Indosat Guntur S Sibiro mengatakan, selama ini Indosat meluncurkan produk-produk VAS untuk pasar massal. “Soalnya, tak semua handset mendukung aplikasi yang rumit, kan ?” jelasnya.
Startegi ini terbukti cukup berhasil. Buktinya sampai tahun lalu, layanan SMS dan VAS berbasis SMS Indosat menyumbang 30% dari total pendapatan. Sayang, Indosat masih belum mau membeberkan besaran pendapatan dari layanan tersebut.
Memang, semakin murahnya tarif layanan suara akibat perang tarif yang makin gencar, membuat pendapatan dari layanan suara melambung. Tetapi, peran SMS dan VAS tetap penting. “Ini menyeimbangkan traffic,” tambah Teguh Prasetya, Group Head Brand Marketing Indosat.
Menurutnya, dari total kapasitas 500 juta SMS sehari, sekitar separuhnya berseliweran setiap hari di Indosat. “Tahun ini dan selanjutnya, kami optimistis bisa mengoptimalkan kapasitas traffic ini,” tandas Teguh.
Ia membeberkan, layanan i-ring saat ini memberikan keuntungan paling banyak buat Indosat dari semua layanan VAS berbasis SMS lainnya. Bayangkan saja, hampir separuh dari pelanggan Indosat menggunakan ring back tone (RBT) dari i-ring. Padahal, setiap pelanggan kena getok tarif Rp 7.000 per bulan dan Rp 2.900 untuk berlangganan sepekan.
Senada, Suanta P. Bukit, General Manager (GM) VAS dan Layanan baru XL bilang, VAS untuk meningkatkan loyalitas pelanggan XL dan menarik pelanggan baru. Sayang, ia enggan membeberkan kontribusi layanan VAS berbasis SMS terhadap pendapatan XL. “Belum bisa kami utarakan,” ucapnya.
Myra Junor, GM Komunikasi Korporat XL menambahkan, rata-rata lalu lintas SMS XL mencapai 70 juta SMS sehari. “Kapasitas yang ada masih bisa menampung hingga 2,5 kali lipatnya,” tuturnya.
Ia menambahkan, dengan beberapa produk baru yang bakal meluncur dan komitmen untuk meningkatkan pelayanan, XL menargetkan tahun ini bisa menambah 4 juta pelanggan. “Jika pada 2008 jumlah pelanggan XL mencapai 26 juta, tahun ini pelanggan kami akan menjadi 30 juta pelanggan,” tandas Myra.
Sama seperti XL, “3” juga malu-malu kucing menyebutkan kontribusi SMS ke pendapatan dan lalu lintas SMS. Menurut GM VAS “3” Patricia Tedjasendjaja voice memang masih menjadi donatur terbesar untuk pundi-pundi “3”. “Tapi kontribusi SMS juga terus meningkat,” ujarnya. *Faisal Rachman, A. Febrian
1 komentar:
terima kasih untuk informasinya
Posting Komentar