13 April 2009 Telkomsel Perluas Layanan Korporasi ke Surabaya

Surabaya, Investor Daily – PT Telkomsel mengembangkan layanan korporasi untuk pelanggannya di Surabaya dengan meluncurkan layanan push email, Hosted PushMail Exchange. Layanan ini merupakan hasil kerja sama Telkomsel dengan Microsoft, yang memberikan kemudahan dan keterjangkauan bagi perusahaan menengah dan kecil untuk memiliki email korporasi.

Deputy Vice President Corporate Account Management PT Telkomsel Irlamsyah Syam mengatakan, hadirnya Hosted pushMail Exchange makin melengkapi layanan push email. Pilihan layanan push email-nya adalah Halo Ventus, Blackberry Microsoft Direct Push dan yang terbaru Hosted PushMail Exchange.

“Kali ini layanan korporasi Telkomsel, Hosted pushMail Exchange, ini diperuntukan bagi usaha menengah dan kecil (UKM). Harapannya, palanggan korporasi pada tahun ini tidak turun, melainkan naik,” kata Irlamsyah di sela Pameran Solusi Bisnis Korporasi Telkomsel di Surabaya, Selasa (7/4).

Pameran ini dihadiri 500 pengunjung dari 200 perusahaan terkemuka di Jawa Timur. Telkomsel juga menandatangani pengimplementasian customized business solutions dengan tiga perusahaan, yakni PT Djarum (Mobile VPN), PT Nurama Indotama (Payment Point Online Banking), dan PT BISI International (NSP Corporate).

Dia menjelaskan, saat ini Telkomsel telah dipercaya oleh sekitar 5.000 perusahaan untuk menyediakan layanan korporasi. Sedangkan pelanggan Kartu Halo saat ini mencapai 500 ribu secara nasional. Pelanggan di Jawa Timur mencapai 800 perusahaan dengan lebih dari 60.000 nomor Kartu Halo.

“Target tahun ini pelanggan korporasi meningkat 100%. Untuk segment UKM, target kami bisa menggaet 1.000 perusahaan secara nasional dan 100 perusahaan di Jatim. Ada 15 solusi yang bisa dipilih oleh pelanggan Telkomsel sesuai kebutuhan pelanggan,” kata dia.

Irlamsyah mengatakan, kontribusi pelanggan pascabayar (korporasi) sebesar 25% dari total pelanggan dan kontribusi revenue-nya mencapai angka 30%. Tahun ini, kontribusi revenue bisa meningkat menjadi 35%. Kontribusi satu perusahaan rata-rata sebesar 500 pelanggan pascabayar.

Layanan Hosted PushMail Exchange mendukung beragam mobile device yang dimiliki pelanggan, dengan set-up yang sangat mudah. Salah satunya lewat perangkat iPhone, yang telah diluncurkan secara resmi oleh Telkomsel beberapa waktu lalu.

Communication Sector Lead PT Microsoft Indonesia Benhard Siagian mengatakan, industri sudah saatnya dimudahkan dalam berinvestasi di bidang teknologi informasi (TI) pada saat krisis finansial. Microsoft Indonesia dan PT Infinys System Indonesia, sebagai mitra hosting, bekerja sama dengan Telkomsel memberikan kemudahan bagi perusahaan, baik korporasi besar maupun UKM dalam berinvestasi pada Infrastruktur TI.

“Program ini memberikan keluluasaan bagi industri untuk menggunakan Telkomsel sebagai email hosting mereka. Dengan ini, industri pun diberikan kenyamanan dalam mengatur cashflow. Dengan program ini, industri tidak perlu lagi dipusingkan akan biaya ruang server, biaya pemeliharaan server serta sumber daya manusianya,” ujarnya. (zal)

0 komentar: