10 Juni 2009 Qatar Telecom akan rombak direksi Indosat

Oleh Sylviana Pravita R.K.N
Bisnis Indonesia

Jakarta: Qatar Telecom Q.S.C (Qtel) akan merombak dewan direksi PT Indosat Tbk terkait dengan perubahan kepemilikan mayoritas Indosat dari Singapore Technologies Telemedia Pte Ltd (STT) ke parusahaan asal Qatar itu.

Seorang manajer investasi yang mengetahui rencana tersebut mengatakan langkah tersebut ditempuh perseroan guna mengganti petinggi STT yang masih menduduki kursi manajemen di Indosat.

“Akhir pekan lalu, petinggi Indosat dari Qtel rapat guna mematangkan pergantian direksi itu di luar negeri agar rencana itu tidak bocor,” tuturnya kepada Bisnis, kemarin.

Saat dikonfirmasi Bisnis, Komisaris Indosat Rachmat Gobel yang mewakili Qtel, tidak membantah.

“Qtel saat ini menguasai Indosat lebih dari 55%, kebijakan pergantian direksi itu dievaluasi lebih kepada adanya harapan dari karyawan Indosat dan pasar modal guna mendorong kinerja perseroan ke depan,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Rachmat, Qtel sebagai mitra pemerintah akan berdiskusi dengan Kementerian BUMN terkait dengan rencana tersebut. Pergantian direksi tersebut dijadwalkan diminta restu dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) Indosat besok.

Rachmat mengatakan agenda perombakan direksi itu akan dimasukkan dalam agenda persetujuan atas perubahan anggaran dasar perseroan.

Eksekutif lainnya menyebutkan sebanyak lima kandidat yang hampir seluruhnya berlatar belakang dari sektor perbankan berebut menduduki kursi nomor satu di perusahaan telekomunikasi itu.

Qtel berencana menempatkan dua orang wakilnya.

Analis saham PT BNI Securities M. Alfatih mengatakan pergantian direksi tersebut diharapkan dapat mendorong pengembangan perseroan ke depan. “Kami menilai sangat bagus apabila ada penambahan modal dari Qtel setelah perombakan tersebut. (sylviana.pravita@bisnis.co.id)

0 komentar: