11 Juni 2009 Pengguna 3G Sepi Peminat

Hutchison CP Telecom Tunda Ekspansi ke Daerah

Rakyat Merdeka – Pasar ponsel 3G yang masih jalan di tempat, membuat ekspansi Hutchison CP Telecom ke luar ibukota berjalan tersendat. Apalagi, pengguna ponsel 3G masih berkumpul di Jakarta dan belum begitu menyebar sampai ke daerah.

“Jaringan 2G milik operator 3 sudah beroperasi di 200 kabupaten di 21 provinsi Indonesia. Sedangkan jaringan 3G kami hanya ada di Jakarta, kami akan bangun 3G di daerah lain tahun ini jika permintaannya sudah besar,” kata Chief Commercial Officer Hutchison 3 Suresh Reddy, di Jakarta, baru-baru ini.

Hutchison CP Telecom sendiri sudah tiga tahun lebih menyelenggarakan layanan seluler 2G dan 3G di Indonesia. Namun, ekspansi jaringan 3G mereka tak pernah benar-benar ke luar dari Jakarta.

Akhir tahun lalu, jaringan 2G dan 3G Hutchison dilayani 6000 titik Base Transceiver Station (BTS). Sampai akhir 2009, jaringan akan ditambah 3000 BTS.

Menurut GM Marketing VAS 3 Patricia Tedjasendjaja, alasan mengapa pihaknya tak kunjung ekspansi 3G ke luar Jakarta karena demand dan konten 3G belum besar. Konten 3G juga tidak booming, belum ada killer application, 3G cuma digunakan untuk akses data saja,” jelasnya.

Sekalipun begitu, lanjut Patricia, bukan berarti operator 3 tak punya rencana memperluas ekspansi 3G-nya ke kota-kota lain.

“Perangkat jaringan kita sudah mudah untuk di-upgrade 3G, jadi bukan sesuatu yang sulit. Hanya saja kita perlu melihat potensinya dulu,” kilah Deputi General Manager Product Marketing 3 Hermansjah Haryono.

Promo MU saat ini Hutchison CP Telecom sendiri sedang menjalin kerja sama ekslusif dengan Manchester United (MU) selama 3,5 musim (tahun) untuk penyelenggaraan konten ponsel bagi pelanggan seluler 3 ( dibaca tri).

Meski tak mau mengungkap nilai kontrak kerja sama bisnisnya, namun Suresh Reddy menyatakan, kerja sama dengan MU murni inisiatif dari 3 Indonesia menghadirkan konten berkelas dari klub sepakbola papan atas.

“MU punya 28 juta orang fans di Indonesia. Kami harap bisa menggaet sebanyak-banyaknya untuk target pelanggan kami,” kata Suresh.

Di akhir 2008, pelanggan 3 tercatat 4,5 juta. Hingga Maret, akhir kuartal pertama 2009 pelanggan 3 tumbuh menjadi 5,3 juta dengan rataan penggunaan pulsa atau average revenue per user (ARPU) Rp 10 ribu.

Suresh mengakui kerja sama dengan MU merupakan salah satu cara menggenjot ARPU mereka yang terbilang rendah. *DWI

0 komentar: