29 Juli 2009 NEXIANBERRY

Mengatasi Kesulitan Mengunduh dengan Bundling Pahe

Kontan – Seiring demam jejaring sosial seperti facebook, friendster, atau twitter dan maraknya hobi chatting, banyak operator menawarkan paket internet. Kebutuhan “always online” memang menjadi keseharian.

Tak Cuma operator yang jeli. Nexian melihat tren gaul menjadi ladang uang nan subur. Makanya vendor lokal buatan China ini meluncurkan ponsel yang bisa menampung keinginan gaul di dunia maya, yakni NX-G900 yang kesohor dengan sebutan Nexianberry. Selain mirip BlackBerry, NX-G900 memiliki fitur-fitur untuk mengakses internet dengan nyaman, antara lain chatting, browsing, e-mail, atau facebook dengan layar lebar.

Gayung bersambut. Excelcomindo Pratama (XL) menggaet Nexian meluncurkan Ponsel Facebook. Tak tangung-tanggung bundling itu melibatkan 3 seri sekaligus, yakni NX-G900, Nexian NX-G700 dan Nexian NX-G800 yang seharga Rp399.000, Rp699.000 dan Rp 999.000.

Sebenarnya banyak produsen yang menawarkan kerjasama bundling semacam itu. Dedi Sirath, Wakil Presiden Wilayah Jabotabek XL bilang, hanya Nexian yang sanggup memenuhi kriteria XL berupa ponsel dual SIM Card On, memiliki kemampuan facebook, dan Chatting. “Penampilannya menarik dan harganya terjangkau,” kata Dedi.

Dalam tiga bulan, paket ini sudah terjual hampir 200.000 unit. Selain mirip BlackBerry, berbagai aplikasi seperti Yahoo Messenger (YM) menjadi daya tarik pasar. Hanya beberapa jenis ponsel yang menyediakan fitur tersebut dan harganya tinggi. “Tidak mudah bagi golongan pendapatan menengah ke bawah bisa membeli, makanya XL mengajak Nexian,” cetusnya.

Karena pontensinya besar, Indosat pun ikut menggandeng Nexian Juli lalu. Paket bundling-nya dengan G911 seharga Rp999.000.

Group Head Brand Marketing Indosat Teguh Prasetya bilang, banyak kemudahan yang sudah diadaptasi Nexian seri ini. Terutama aplikasi chatting mig33, facebook, dan I-go. “Tak perlu repot setting, dan mengunduh aplikasi itu lewat browser, tinggal klik,” katanya. Indosat menargetkan bisa menjual 200.000 unit hingga akhir Agustus nanti.

Kemudahan menembus prosedur proses unduh rupanya menjadi strategi. Menurut Nursani Rahmatulloh, Staf VAS Development Telkomsel, 70% pelanggan sulit menyelesaikan download YM atau facebook dari ponsel. “Ponsel low end yang tidak punya fasilitas GPRS nggak bisa melakukan ini,” katanya.

Makanya, Telkomsel berniat menggandeng seri G Nexian awal Agustus nanti. Namun Nursani masih merahasiakan paket hemat tersebut. Tapi yang jelas, sudah ada aplikasi chatbox, dan facebook.

Nah, pilih Nexianberry XL, Indosat, atau Telkomsel ? * Dian Pitaloka Saraswati

0 komentar: