09 Juli 2009 Telkom Siap Dukung Kelancaran Pilpres 2009

Jakarta, Investor Daily – Depkominfo minta kepada seluruh operator telekomunikasi menjaga kualitas layanannya bagi kelancaran komunikasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2009. Sementara itu, Telkom menyiagakan selama 24 jam seluruh jajarannya dari Sabang sampai Merauke untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan akibat kegagalan infrastruktur telekomunikasi.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) Gatot S. Dewa Broto mengatakan, Depkominfo tidak menghendaki adanya gangguan berarti yang dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan Pilpres 2009.

“Harapan ini sangat wajar mengingat potensi pengguna jasa telekomunikasi (khususnya jasa seluler, FWA dan telepon tetap) hingga kuartal I-2009 cukup tinggi dan penggunaannya pada saat musim liburan ini cukup dinamis,” kata Gatot di Jakarta, Selasa (7/7).

Kepada Telkom yang telah memanangi lelang terbuka layanan komunikasi data KPU, lanjut Gatot, Depkominfo berharap agar Telkom mengoptimalkan kinerjanya. Pengalaman munculnya berbagai masalah back up teknologi informasi (TI) pada Pemilu Legislatif April 2009 memberi pelajaran berharga saat ini bagi Depkominfo dan Telkom.

“Meski Depkominfo dan Telkom tidak secara langsung bertangung jawab terhadap penyelenggaraan TI pemilu, kita harus berhati-hati, cermat dan cepat dalam mendukung kelancaran komunikasi data secara efisien, efektif dan dengan tingkat akurasi dan sistem keamanan yang tinggi dalam membantu KPU,” kata Gatot.

Sementara itu, Vice President Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia menyatakan, pihaknya siap melayani kebutuhan komunikasi dalam rangka Pilpres 2009. Sesuai kesepakatan dengan KPU, Telkom bertanggung jawab terhadap penyediaan konektivitas berupa bandwidth, instalasi dan integrasi, disster recovery center, call center serta pemeliharaan jaringan. (rz)

0 komentar: