27 Juli 2009 Telkomsel Bidik Pelanggan UKM

Investor Daily – Anak perusahaan Telkom Group yang bergerak di bidang seluler, PT Telkomsel, memenuhi janjinya untuk ikut mengembangkan bisnis usaha kecil menengah (UKM). Telkomsel menawarkan solusi komunikasi bagi UKM berupa layanan email korporat.

Target layanan ini menyasar 38 juta bisnis UKM dengan karyawannya mencapai 98 juta orang. “Kami ingin semua UKM bisa mendapatkan layanan ini,” kata Vice President (VP) Corporate Account Manager Telkomsel Nyoto Priyono.

Nyoto menjelaskan, layanah bertajuk Hosted Push Mail BlackBerry Enterprise Service (BES) untuk pertama kalinya di Indonesia ini akan sangat membantu pelaku bisnis UKM. Karena, solusi komunikasi sangat murah dan efisien dibandingkan harus membangun jaringan sendiri.

“Tanpa perlu berinvestasi membeli, meng-install, dan mengelola server, bahkan dapat mengakses informasi perusahaan lewat BlackBerry kapan pun dan di mana pun,” papar Nyoto.

Menurut Nyoto, untuk membangun jaringan IT (teknologi informasi) butuh invstasi sebesar 30 ribu dolar AS. Dana itu buat mengadakan server, jaringan area lokal (LAN), biaya untuk teknisi, dan lainnya.

“Perusahaan harus bisa memasarkan produknya secara global lewat jaringan internet. Butuh dana besar untuk membangun teknologi informasi (TI) perusahaan. Sekarang kita beri kemudahan layanan yang bisa lebih murah dari biaya parkir mobil,” paparnya.

Dengan solusi komunikasi ini, lanjut Nyoto, investasi awal dan pemeliharaan akan dikerjakan Telkomsel. Sehingga, perusahaan dapat lebih fokus kepada bisnisnya dengan memanfaatkan email berkelas enterprise.


Solusi komunikasi itu didukung luasnya jaringan Telkomsel yang memiliki 28.000 BTS atau dua kali lipat dari yang dimiliki operator saingannya. Begitu juga dalam hal kecepatan data, pelanggan dilayani jaringan berteknologi 3G (WCDMA/HSDPA) terluas di lebih dari 150 kota yang tersebar dari Sumatera hingga wilayah Indonesia Timur.

Saat berada di luar negeri, pelanggan tetap dapat menikmati layanan ini melalui kerja sama layanan data internasional roaming dengan 185 operator di berbagai belahan dunia. Saat ini, Telkomsel memiliki 5.000 pelanggan perusahaan dengan lebih dari 500.000 nomor kartuHALO. Total pelanggan Telkomsel mencapai 78 juta pelanggan.

“Tingginya kepercayaan tersebut merupakan kebanggaan sekaligus menjadi tanggung jawab besar bagi kami dalam menghadirkan solusi bisnis yang tepat, khususnya bagi UKM yang kini berkembang pesat di Indonesia,” jelas Nyoto.

Hadirnya Posted Push Mail BES ini semakin melengkapi layanan push email Telkomsel yang sudah ada sebelumnya dan menjadikan Telkomsel sebagai operator selular yang menyediakan pilihan layanan push email terlengkap, yakni: HALOventus, BlackBerry Enterprise Service, BlackBerry Internet Service, Microsoft Direct Push, dan Hosted Push Mail Exchange. ■ TIO

0 komentar: