26 Agustus 2009 Kabel Tembaga Digembol Maling

Panggilan Axis Gagal 0,4 Persen

Rakyat Merdeka – Natrindo Telepon Seluler (NTS) akhirnya merampungkan pengujian sinyal seluler Axis melalui drive test di sapanjang jalur mudik dari Jakarta menuju Semarang melalui Cikampek, Indramayu, Brebes dan Pekalongan.

Dari hasil drive test tersebut, sinyal telepon sempat drop di dua tempat. Menurut Radio Network Planning Engineer Axis Sigit Tri Cahyono, satu karena gangguan power listrik pada Base Transceiver Station (BTS) di Indramayu.

“Satunya lagi karena ada kabel tembaga sepanjang 45-50 meter yang dicuri maling dari rumah kabel BTS di Batang, Semarang. Kalau di pasaran, kabel itu semeter harganya Rp500 ribu,” jelasnya.

Meski demikian, Sigit mengklaim tingkat kegagalan panggilan Axis masih rendah dengan nilai drop call rate 0,4 persen. “Secara kuantitatif itu masih very good karena di bawah satu persen,” jelasnya.

Axis menggunakan piranti lunak TEMS 9,0 buatan Ericsson untuk menguji sinyalnya selama berkendara dengan bus. Berhubung tidak menggunakan antena luar, Axis memakai ponsel Sony Ericsson 750i sebagai perangkat yang terhubung ke software khusus drive test itu.

Sepanjang Jakarta hingga Semarang, BTS yang melayani jalur mudik pelanggan Axis di area itu ada sebanyak 170 unit. Dari hasil pengujian panggilan, rasio keberhasilannya mencapai 99,4 persen. “Tingkat completion call setup rate-nya very good,” kata Sigit.

Tingkat keberhasilan perpindahan sinyal telepon dari satu site BTS ke BTS lainnya juga memperoleh nilai yang dianggap sangat baik karena hand over succesful rate Axis mencapai 98,3 persen.

Meski demikian, kekuatan sinyal dan kualitas sinyal rata-rata masih sekadar “good” saja. Sebab, signal quality average Axis Cuma 97 persen dengan panjang bar sinyal 0 sampai 3. sedangkan, Rx Level-nya hanya mencapai -81 dbm.

“Berhubung kita di jalan raya, kendalanya ada di jarak antara site BTS yang agak berjauhan. Tidak padat seperti di kota. Meski begitu, kualitas suara saat menelepon masih bagus,” tegasnya.

Dari 170 BTS yang dimiliki Axis di jalur mudik ini, setiap BTS dibilang sanggup melayani 50 pelanggan. Namun khusus untuk keperluan mudik Lebaran nanti, kapasitas jaringannya ditingkatkan dua sampai tiga kali lipat demi mengantisipasi lonjakan traffic voice call, SMS dan layanan data. ■ OKT

0 komentar: