30 September 2009 Alcatel Lucent bangun infrastruktur Indosat

Oleh Roni Yunianto
Bisnis Indonesia

Jakarta: PT Indosat memilih Alcatel-Lucent untuk membangun infrastruktur mobile backhaul protokol Internet atau teknologi multiprotocol label switching (MPLS) guna mendukung layanan pita lebar bergerak.

Frederic Chapelard, Head of Alcatel-Lucent Indonesia, menuturkan pada proyek tersebut pihaknya akan membantu Indosat dalam mengoptimalkan infrastruktur nirkabel mereka.

“Dukungan ini untuk mempersiapkan berbagai layanan masa depan operator tersebut. Fase awal dari proyek itu telah sepenuhnya terpasang dan sudah beroperasi,” ujarnya baru-baru ini.

Menurut dia, MPLS yaitu teknologi penyampaian paket pada jaringan tulang punggung (backbone) berkecepatan tinggi memungkinkan Indosat menawarkan layanan berbasis protokol Internet (IP) premium bagi pelanggan selulernya.

“Solusi ini merupakan bagian dari arsitektur transpor evolusi bergerak atau mobile evolution transport architecture [META] kami yang paling komprehensif di industri di tengah tren transformasi atau evolusi jaringan mobile backhaul ke IP.”

Indosat melayani lebih dari 28,9 juta pelanggan, diklaim sebagai salah satu dari 270 operator dari 100 negara di dunia yang telah memilih portofolio I/MPLS Alcatel-Lucent.

Jin Tiong Lim, Group Head of Celluler Network Planning & Engineering PT Indosat mengatakan pihaknya memproyeksikan pertumbuhan jumlah baik pelanggan maupun volume trafik yang besar.

“Dengan penggelaran solusi ini kami terbantu dalam mengantisipasi kehadiran berbagai layanan dari jaringan nirkabel generasi mendatang terutama untuk memenuhi permintaan bandwidth dari layanan high speed downlink packet access [HSDPA] bahkan 4G,” tegasnya.

Alcatel-Lucent akan menggelar 7750 Service Router, 7450 Ethernet Service Switch, serta 7705 Service Aggregation Router (SAR) yang semuanya akan dikelola secara menyeluruh oleh 5620 Service Aware Manager.

Solusi mobile berbasis IP/MPLS itu memungkinkan Indosat sepenuhnya memanfaatkan skalabilitas dan efisiensi biaya dari IP dalam jaringan mobile backhaul.

Dengan pembangunan infrastruktur transpor paket data itu maka Indosat berharap dapat memenuhi komitmen layanan atau service level agreement kepada pelanggannya untuk aplikasi suara nirkabel, video, dan data.

0 komentar: