15 September 2009 Regulator periksa kesiapan jaringan

Jaringan BlackBerry di sejumlah negara terganggu

Oleh Fita Indah Maulani & Roni Yunianto
Bisnis Indonesia

Jakarta: Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) bersama operator melakukan inspeksi kesiapan jaringan pada empat rute di Pulau Jawa untuk memastikan kualitas layanan selama arus mudik Lebaran.

Basuki Yusuf Iskandar, Plt Dirjen Postel Departemen Komunikasi dan Informatika, mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan pemerintah setiap tahun untuk meminimalkan gangguan trafik yang terjadi pada saat mudik Lebaran.

“Hal ini agar operator juga bertanggung jawab mempersiapkan kemampuan jaringan untuk menghadirkan layanan maksimal kepada masyarakat,” ujarnya dalam acara pelepasan tim inspeksi kemarin.

Heru Sutadi, anggota BRTI, mengatakan pihaknya akan memberikan sanksi tegas jika dalam pengujian nanti operator tidak bisa memberikan pelayanan jaringan yang memadai dan maksimal kepada penggunanya.

“Sanksi yang diberikan merujuk pada UU No. 36/2008 tentang Telekomunikasi dan PP No.52/2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi. Pengujian ini bukannya tidak memercayai operator, tetapi merupakan standar teknis BRTI,” ujarnya.

Dia membantah jika ada pihak yang mengatakan pengecekan oleh BRTI adalah bentuk ketidakpercayaan pemerintah terhadap operator yang sebelumnya telah melakukan drive test melalui tim internal masing-masing.

Tim peninjauan lapangan ini terbagi dalam empat kelompok dengan jalur pemeriksaan berbeda. Kelompok pertama mengambil rute Jakarta-Cianjur-Garut, kelompok kedua dari Jakarta-Cikampek-Cirebon, kelompok ketiga rute Jakarta-Merak, kelompok keempat mengambil rute baru yakit Semarang-Yogyakarta-Solo.

Gatot S. Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Depkominfo, mengatakan regulator akan memberangkatkan secara resmi sejumlah mobil operasional yang dilengkapi alat dan perangkat pengukuran kualitas layanan telekomunikasi.

“Kami sertakan juga unsur dari Indonesia Telecommunication User Group [Idtug] dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia [YLKI],” ujarnya.

Jaringan BB terganggu
Terkait dengan kualitas layanan data, berdasarkan situs www.berryreview.com, layanan BlackBerry (BB) BIS memang tengah bermasalah di sejumlah operator di seluruh dunia. Adapun di situs www.businessinsider.com, jaringan RIM terkena gangguan di sejumlah negara. Gangguan tersebut hanya terdapat pada pelanggan ritel, bukan korporasi.

Sayangnya, pemerintah belum bisa memprediksi berapa besar penggunaan layanan data yang akan terjadi disepanjang masa mudik dan Lebaran. Padahal, tahun ini tawaran operator untuk layanan ini sangat gencar.

“Kami baru mengumpulkan datanya dari operator, saat ini belum ada. Memang dengan adanya facebook, pemakaian data berpotensi melonjak sepanjang masa mudik dan Lebara,” ujarn Gatot.

Dia menambahkan tingginya penggunaan ponsel online yang memiliki fitur langsung akses ke situs ini mengalami lonjakan sepanjang tahun ini. Apalagi saat mudik bisa dipastikan pengguna akan sering melakukan update status di facebook mereka.

0 komentar: