28 Oktober 2009 IM2 Dukung Penerapan Open Source di Indonesia

Jakarta, Investor Daily – PT Indosat Mega Meia (IM2) mendukung penerapan Open Source di Indonesia. Saat ini, IM2 telah menggunakan aplikasi maupun operating system berbasis open source sebesar 50% dari total jumlah server perusahaan. Dukungan IM2 terhadap open source juga diwujudkan dengan partisipasi IM2 di acara Global Conference on Open Source (CGOS), pertemuan tingkat dunia mengenai open source di Jakarta pada 26-27 Oktober 2009.

“IM2 akan terus mendukung perkembangan open source di Indonesia sehingga pemanfaatan komputer akan meningkat seiring dengan semakin mudah dan murahnya aksesibilitas melalui open source,” ujar Direktur Utama IM2 Indar Atmanto di Jakarta, Senin (26/10).

Pada ajang CGOS yang dibuka Menkominfo Tifatul Sembiring dan dihadiri Duta Besar Brasil untuk Indonesia Edmundo Sussumu Fujita itu, IM2 menyediakan akses internet gratis menggunakan teknologi WiFi berkecepatan 2 Mbps. IM2 juga menyediakan internet kafe lengkap dengan lima notebook bersistem operasi open source.

Aplikasi maupun operating system berbasis open source sudah lama diimplementasikan di IM2, bahkan sejak IM2 berdiri pada 2000. Sejumlah aplikasi open source penting yang digunakan IM2 antara lain Top Up System, Payment Gateway, Portal Kongkoow, i-Pay, Corporate Email, Web Server, dan lain-lain. “Pilihan terhadap open source tidak hanya pada masalah biaya yang lebih hemat, namun juga pada pilihan support yang lebih luas dalam bentuk konsultasi maupun advise dari pihak ketiga. Bahkan portal Kongkoow dan i-Pay kami sudah 100% open source,” jelas Head of IT Operation IM2 Syaiful Anwar.

Ke depan, IM2 akan terus menggalakkan pemakaian open source seiring dengan makin banyaknya pilihan dan alternatif aplikasi maupun operating system berbasis open source. “IM2 akan terus update terhadap perkembangan IT terkini dengan motivasi untuk menghadirkan internet yang terjangkau dan berkualitas kepada masyarakat. Penggunaan open source merupakan salah satu di antaranya,” kata Indar. (rz)

0 komentar: