14 November 2009 Axis dan XL kerja sama roaming

Oleh Fita Indah Maulani
Bisnis Indonesia

Jakarta (13/11/2009): PT Natrindo Telepon Seluler (Axis) dan PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) menandatangani kesepakatan roaming nasional pertama di Indonesia, di mana implementasi secara teknisnya akan mengacu pada ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

Erik Aas, President Direktur dan CEO Axis, mengatakan kerja sama ini telah memperoleh dukungan pemerintah. Melalui kesepakatan ini para pelanggan Axis mendapat akses ke jaringan XL di Sumatra, dilanjutkan Kalimantan dan Sulawesi.

“Tentu saja pengelolaan pelanggan Axis tetap akan kami tangani langsung. Kesepakatan ini merupakan terobosan baru di Indonesia yang akan menghadirkan pilihan dan keterjangkauan bagi lebih banyak orang serta membantu mempercepat pertumbuhan pasar telekomunikasi,” ujarnya kemarin.

Kesepakatan ini akan berlaku mulai kuartal I/2010, sementara ekspansi jaringan nasional Axis baik untuk layanan suara maupun data tetap dilakukan secara paralel. Sebelumnya, kedua perusahaan ini telah bekerja sama di mana Axis menyewa sejumlah menara milik XL.

Dalam kerja sama kali ini, Axis akan menyediakan seluruh 3.700 unit BTS-nya untuk digunakan XL, adapun XL tidak menyebut jumlah BTS yang dipakai, lebih kepada jumlah region roaming.

Erik menilai industri telekomunikasi seluler Indonesia telah mengalami serangkaian perubahan yang berlangsung sangat cepat dan para operator harus berinovasi untuk dapat sukses di lingkungan baru ini.

Axis diluncurkan pertama kali pada Februari 2008 dan telah tersedia di lebih dari 190 kota di Jawa Timur, Jawa Barat, Jabodetabek, Banten, Jawa Tengah, Bali, Lombok, Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Provinsi Riau, dan Sumatra Barat.

Hasnul Suhaimi, President Direktur XL, mengatakan kompetisi antaroperator telekomunikasi di pasar memang sangat ketat, tetapi tidak mengilangkan kemungkinan dilakukannya kolaborasi selama menguntungkan kedua belah pihak.

“Kami akan berkolaborasi apabila hal ini menguntungkan bagi kedua belah pihak dalam menghadirkan layanan telekomunikasi bagi konsumen. Kerja sama ini tidak akan mengurangi kualitas layanan XL,” katanya.

XL berkomitmen terus menghadirkan layanan terbaik karena memiliki kapasitas jaringan yang masih sangat banyak.

0 komentar: