03 November 2009 Laba Bersih Telkom Naik 4,2%

Media Indonesia (02/11/2009) - BUMN penyelenggara bisnis telecommunication, information, media, and edutainment (TIME), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, mencatatkan laba bersih sebesar Rp9,3 triliun di triwulan ketiga tahun ini. Peroleh ini naik 4,2% bila dibandingkan dengan periode yang sama di 2008 sebesar Rp8,92 triliun.

Dalam laporan keuangan Telkom (unaudited) yang dipublikasikan kemarin, disebutkan perseroan mampu meraup pendapatan usaha hingga Rp47,11 triliun atau meningkat 5,5%. Setelah dikurangi biaya-biaya, posisi laba usaha terkerek dari Rp17,17 triliun menjadi Rp17,95 triliun.

Perseroan yang memiliki kode perdagangan TLKM mencatat segmen data, internet, dan jasa teknologi informatika sebagai penyumbang pendapatan terbesar, yaitu sebesar Rp12,42 triliun.

Di sisi neraca, nilai ekuitas perusahaan juga meningkat menjadi Rp37,5 triliun atau naik 15,6% jika dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp32,5 triliun.

Pada perdagangan di lantai bursa, kemarin, harga saham Telkom dibuka dan ditutup di posisi yang sama, yaitu Rp8.400 per lembar.

Sementara itu, untuk menjawab tantangan bisnis baru, Telkom telah melakukan transformasi secara fundamental.

Di samping itu, perseroan memperkenalkan corporate identity baru untuk menyambut era baru Telkom sebagai satu-satunya perusahaan TIME di Tanah Air.

Menurut Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmansyah, hal itu mutlak dilakukan untuk merespons berbagai perubahan mendasar, mulai perubahan lingkungan bisnis (kompetisi dan regulasi) serta perubhanan teknologi dan gaya hidup.

“Untuk menjawab tantangan masa depan tersebut, Telkom memutuskan melakukan transformasi secara menyeluruh dan mendasar,” kata Rinaldi.

Transformasi kali ini, lanjutnya, adalah yang paling besar sepanjang sejarah Telkom. Pasalnya, transformasi yang dilakukan bersifat fundamental, menyeluruh, dan terintegrasi.

Itu pun mampu menyentuh empat aspek dasar perusahaan, yakni transformasi bisnis, transformasi infrastruktur, transformasi sistem dan model operasi, serta transformasi sumber daya manusia. (Ant/E-4)

0 komentar: