18 November 2009 XL Siap Kembangkan LTE

Jakarta, Investor Daily – PT Excelcomindo Pratama Tbk yang telah berubah menjadi PT XL Axiata Tbk (XL) menyiapkan teknologi Long Term Evolution (LTE) untuk mengantisipasi kebutuhan mobile broadband di masa depan. Soalnya, teknologi generasi keempat (4G) itu sejalan dengan roadmap pengembangan teknologi telekomunikasi ke depan.

“Kalau melihat roadmap-nya, teknologi sekarang mengarah ke LTE. Dan, kami ikut roadmap saja untuk mengembangkannya,” kata Direktur Commerce XL Joy Wahyudi usai RUPS LB di Jakarta, Senin (16/11).

Pilihan pada LTE, kata dia, belum final. Perseroan masih melakukan perhitungan bisnis. kesiapan infrastruktur dan ketersediaan perangkat yang dipakai pelanggan menjadi faktor lain yang dipertimbangkan. XL sudah menggelar jaringan berteknologi high speed packet access (HSPA), yang dikenal 3,5G. HSPA+ mampu menyediakan akses internet berkecepatan hingga 21 Mbps.

XL, kata Joy, sebenarnya sudah memakai teknologi HSPA+. Akan tetapi, teknologi itu belum banyak dirasakan pelanggan karena ketiadaan handset-nya di pasaran.

Jasa Kirim Uang
XL akan lebih menekuni jasa pengiriman uang (remittance) melalui jaringan telekomunikasi internasional mulai tahun depan. Masuknya ke bisnis ini karena tingginya transaksi pengiriman uang, terutama yang dikirim TKI dari Malaysia, Hong Kong, dan Timur Tengah.

“Ini bisnis masa depan. Kita (Indonesia) baru memulainya, tapi di negara lain sudah lama. Misalnya Filipina, yang sudah dibuka sejak empat tahun silam,” kata Dirut XL Hasnul Suhaimi.

Sebenarnya, remittance sebenarnya sudah lama diluncurkan XL bekerja sama Bank BNI untuk mengakomodasi kebutuh tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Hong Kong dan Malaysia.

“kalau izin dari Bank Indonesia sudah keluar, kami akan langsung kerjakan. Ini bisnis bagus di masa depan,” kata Joy. (cep)

0 komentar: