18 November 2009 Proyek Mataram Kupang digarap Telkom-konsorsium

Oleh Fita Indah Maulani
Bisnis Indonesia

Jakarta: Pemerintah mengklaim pembangunan jaringan infrastrukur telekomunikasi dalam bentuk serat optik di kawasan timur Indonesia jalur Mataram Kupang Cable System (MKCS) sepanjang 1.851 km dilakukan oleh PT Telekomunukasi Indonesia (Telkom) besama konsorsium.

Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan pembangunan infrastrukur di kawasan timur Indonesia melalui proyek Palapa Ring yang rencananya dimulai 30 November diresmikan langsung oleh Presiden.

“Palapa Ring tahap II tersebut tidak hanya dikerjakan Telkom, tetapi juga beberapa konsorsium lainnya karena rutenya panjang dari Mataram hingga Kupang. Setelah itu kami juga berencana melakukan tender untuk pembangunan jaringan Jakarta-Hong Kong,” ujarnya kemarin.

Dia menjelaskan pemerintah juga sedang merumuskan bentuk khusus sebagai apresiasi kepada pihak swasta yang selama ini telah membangun infrastruktur di bidang telekomunikasi. Bentuk apresiasi yang dimaksud bisa dalam bentuk insentif bebas bea masuk perangkat, atau lainnya.

Tonda Priyanto, Ketua Konsorsium Palapa Ring, membantah jika pembangunan jalur Mataram-Kupang merupakan bagian dari proyek Palapa Ring yang dikerjakan oleh konsorsium karena yang sebenarnya adalah murni investasi Telkom.

Dia menjelaskan konsorsium baru akan melakukan survei di jalur yang berbeda pada Januari hingga Mei 2010, selanjutnya dimulai kegiatan pelaksanaan hingga siap digunakan pada Mei 2011.

Tahapan kegiatan yang akan dilakukan adalah design reveiw meeting (DRM), akuisisi lahan landing point, produksi submarine calbe, produksi terminal station equipment (TSE) dan submerged equipment (SE), submarine cable shipment, TSE and SE shipment, instalasi submarine calbe, instalasi TSE, hingga tes terakhir berupa ready for professional acceptance (RFPA).

Sebelumnya, pembangunan Palapa Ring jalur Mataram-Kupang diumumkan merupakan murni investasi dari PT Telkom untuk mengisi kekosongan keterlambatan pengerjaan fisik karena operator anggota Konsorsium Palapa Ring terkena dampak krisis keuangan global.

Telkom berinisiatif membangun jaringan backbone serat optik dengan mengambil sebagian konfigurasi Palapa Ring, yaitu melintasi jalur Matara-Kupang, Manado-Sorong, dan Fakfak-Makassar.

Pembangunan tahap pertama mengambil rute Mataram-Kupang sepanjang 1.041 km laut dengan 6 landing point, serta 180 km darat dengan 15 node.

Proyek tersebut terpisah dari rencana pembangunan yang dilakukan Konsorisum Palapa Ring.

0 komentar: