08 Desember 2009 Bakrie Telecom Belum Serius Bicara Akuisisi Dengan Telkom

Manajemen PT Bakrie Telecom (BTEL) bersikeras tidak akan menjual sahamnya ke Telkom. Anak usaha Bakrie Group ini masih fokus dalam meningkatakan jumlah pelanggan.

Rakyat Merdeka (07/12/2009) – Vice President Bakrie Telecom Erik Meijer menjelaskan, rencana akuisisi oleh PT Telkom itu belum sampai ke telinga manajemen dan pemegang saham BTEL.

“Nggak ada rencana apa pun, sama sekali tidak ada. Kita tidak pernah ketemu dengan Telkom, apalagi membicarakan mengenai akuisisi. Persoalan mengincar urusan perusahaan lain itu urusan orang,” cetus Meijer pada Rakyat Merdeka di Jakarta, kemarin.

Meijer menginginkan, Bakrie Telecom tumbuh pesat sesuai kemampuan. Karena itu, pihaknya tengah fokus pada peningkatan jumlah pelanggan akhir tahun ini sebanyak 10,5 juta pelanggan.

Menurutnya, Bakrie Telecom yakin terus berkembang seiring inovasi-inovasi pada konsumen. Meijer juga menajmin isu rencana akuisisi Telkom tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja Bakrie Telecom. “Sama sekali nggak mempengaruhi proyeksi BTEL ke depan,” tegas Meijer.

Sementra itu pekan ini, Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negera (BUMN) akan memanggil direksi PT Telkom terkait kabar rencana akuisisi Bakrie Telecom meski manajemen perusahaan pelat merah itu akhirnya membantah rencana tersebut.

“Saya belum dapat laporan Telkom soal itu. Minggu depan kita akan panggil direksi untuk meminta penjelasan,” kata Meneg BUMN Mustafa Abubakar di Jakarta, akhir pekan lalu. Pihaknya berencana meminta kejelasan direksi Telkom mengenai kabar itu.

Sebelumnya, salah satu direksi Telkom mengaku tengah mengincar Bakrie Telecom. Pernyataan dilontarkan Direktur Keuangan Telkom Sudiro Asno dalam paparan di Investor Summit 2009 di Jakarta, pekan lalu.

“Sudah ada pembicaraan dengan Bakrie Telecom, tapi masih terlalu awal untuk dipastikan. Kalau ibarat anak muda di kafe, kita sedang lirik-lirikan,” katanya.

Vice President Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia mengatakan, Telkom hingga saat ini belum punya rencana mengakuisisi operator telekomunikasi manapun. “Meskipun anailis terhadap lingkungan bisnis tetap dilakukan,” kata Eddy di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut dia, perseroan hanya akan melakukan merger atau akuisisi jika berkaitan dengan transformasi bisnis seperti bidang telecommunication, information, media dan edutainment (TIME). Kata Eddy, pemberitaan yang menyebutkan seolah-oleh Telkom akan mengakuisisi perusahaan telekomunikasi berbasis CDMA, perlu diluruskan. ■ DWI

0 komentar: