08 Desember 2009 Cisco garap solusi peningkatan kapasitas XL

Oleh Roni Yunianto
Bisnis Indonesia

Jakarta (08/12/2009): PT Excelcomindo Pratama Tbk menerapkan solusi service and application module untuk Internet protocol (SAMI) Cisco dalam rangka meningkatkan kemampuan jaringan di tengah rencana pengembangan pasar.

Bambang Patrap Yakin, Presdir PT Datacraft Indonesia, konsultan implementasi, menuturkan proyek itu telah selesai diimplementasi.

“Kami menyatukan infrastruktur yang sudah ada dengan teknologi baru. Beberapa fasilitas pendukung di XL juga harus ikut serta ditingkatkan,” ujarnya kemarin.

Menurut dia, ada beberapa tantangan pada saat menyelesaikan proyek itu, yang umum dijumpai pada proyek-proyek TI berskala besar, terutama dalam spesifikasi teknis.

“Namun, hubungan kami [Datacraft] dan Cisco Systems yang telah berlangsung lama memberikan pengetahuan yang dibutuhkan sehingga proyek ini dapat selesai tepat waktu,” ujarnya.

XL diklaim sebagai operator pertama di Indonesia yang menerapkan solusi SAMI, solusi terbaru dari Cisco yang unik dengan menyataukan teknologi dan konsep managed services, untuk meningkatkan produktivitas operasional.

Jangkau 90% populasi
Dian Siswarini, Direktur Jaringan XL, menuturkan pihaknya sebagai salah satu operator seluler besar di Indonesia memerlukan solusi peningkatan kapasitas jaringan GSM untuk mengakomodasi lonjakan jumlah pelanggan.

“Kami berharap ini akan mendukung permintaan atas layanan kami yang meningkat sebagai respons dari kesuksesan kegitan pemasaran,” ujarnya.

Jangkauan layanan XL sudah menjangkau sekitar 90% populasi yang mencakup Sabang di ujung barat Indonesia hingga Papua di ujung timur.

Saat ini, jaringan XL melayani sekitar 26,6 juta pelanggan yang didukung lebih dari 18.790 base transceiver station (BTS) per akhir September 2009.

XL bertekad menggenjot jumlah pelanggan. Operator itu sudah mengantisipasinya a.l. dengan meningkatkan teknologi signaling transfer point (STP) yang dimilikinya.

0 komentar: