27 Desember 2009 Telkom rampungkan optik Speedy di Madura

Oleh Dwi Wahyuni
Bisnis Indonesia

Surabaya (23/12/2009): PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) merampungkan proyeksi jaringan serat optik berkapasitas 96 core di Madura dengan memanfaatkan Jembatan Suramadu guna memacu pertumbuhan 3% pelanggan Speedy di wilayah itu pada tahun depan.

Genaral Manager Telkom Surabaya Barat Subandrio mengatakan jaringan serat optik sepanjang 48.000 meter dan membentang dari Surabaya ke Pulau Madura tersebut dipersiapkan untuk mendukung kecepatan broadband Internet hingga 3 megabite per second (Mbps).

Menurut dia, jaringan broadband tersebut akan dapat meningkatkan kualitas layanan Internet.

“Akses Speedy di Madura akan semakin cepat sehingga bisa menjadi momentum untuk menguatkan penetrasi pengguna Internet di Pulau itu,” ujar Subandrio di Surabaya, kemarin.

Telkom, katanya, menargetkan pertumbuhan pelanggan Speedy di Madura sebesar 3% atau 13.000 pelanggan di Madura. Menurut dia semula kecepatan akses Speedy di Madura hanya mencapai 384 kilobite per second (kbps).

Namun dengan selesainya proyek jaringan serat optik kecepatan akses di Pulau Garam itu, kecepatan Internetnya akan sama yang di kota besar seperti Surabaya dan Jakarta.

Menurut catatan Telkom, kecepatan akses Internet Speedy di kedua kota tersebut bisa mencapai puncak 3 Mbps.

Sementara itu, untuk memberikan informasi mengenai kesiapan jaringan akses Internet ataupun produk derivatif dari Speedy kepada konsumen di pulau itu, Telkom menggelar Road Show Speedy Go To Faster di Madura. Perhelatan ini dilakukan secara bertahap mulai dari Bangkalan, Pamengkasan dan terakhir di Kabupaten Sumenep.

Pameran itu diharapkan akan mampu menggenjot penetrasi pengguna Internet Speedy di pulau itu.

Sebagaimana diketahui pemakai Internet baru tercatat 10.000 pelanggan, sementara total populasinya mencapai 6 juta jiwa. Dari total pelanggan Speedy tersebut, sekitar 4.000 di antaranya merupakan pelanggan dari segmen industri.

“Kami optimis penambahan kapasitas akan membuat penetrasi pasar Speedy mudah dilakukan, sebab masyarakat sudah bisa merasakan fasilitasnya,” tegas Subandrio.

Itulah sebabnya, lanjutnya, Telkom akan membidik semua segmen konsumen yakni mulai dari kalangan pendidikan hingga corporate lewat berbagai program kerja sama.

0 komentar: