18 Februari 2009 Broadband Telkomsel Capai 15.000

Bandung, Pikiran Rakyat (PR), Hingga saat ini akses broadband Telkomsel telah digunakan sekitar 15.000 pengguna, termasuk di dalamnya pelanggan Blackberry Telkomsel.

Menurut Tb. Daniel Azhari, GM Sales & Customer Service PT Telekomunikasi Seluler ketika ditemui di kantornya, selasa (17/2), hingga saat ini pengguna Blackberry terdaftar hampir mencapai 800 orang untuk postpaid dan sekitar 150 orang untuk prepaid.

“Sementara itu, layanan komunikasi data untuk pelanggan Telkomsel Blackberry tahun lalu, tidak lebih dari 5% untuk wilayah Jawa Barat. Sebab, Blackberry masih sebatas gaya hidup dan bukan suatu kebutuhan primer bagi masyarakat Jabar,” kata Daniel.

Ia mangatakan, prevalensi layanan komunikasi data untuk pelanggan Telkomsel Blackberry ini masih kecil, jika dibandingkan dengan Average Revenue Per User (ARPU) voice dan SMS tahun lalu. Target pertumbuhan ARPU Telkomsel Blackberry untuk tahun ini adalah 1-2%.

Daniel menjelaskan bahwa pelanggan layanan Telkomsel Bleckberry di Jabar yang telah terdaftar secara keseluruhan mencapai 1.500 orang, baik prabayar maupun pascabayar. Pelanggan terbanyak adalah perusahaan (corporate).

“Keunggulan layanan komunikasi data Telkomsel Blackberry ini adalah coverage-nya yang luas, karena Telkomsel memiliki kurang lebih 2.150 base transceiver station (BTS) yang 50 persennya berada di Bandung,” ujar Daniel menjelaskan.

Pelanggan Telkomsel Blackberry terutama adalah dari kalangan perbankan, IT solution, manufaktur, dan perdagangan (trading). Kebanyakan pelanggan corporate tersebut berada di Kota Bandung.

Khusus bagi pelanggan corporate, Telkomsel menyediakan mailing-list (milis) untuk lebih mendekatkan pelanggannya menjadi suatu komunitas. Anggota milis Tselbb@yahoogroups.com memang masih sedikit, yaitu kurang lebih seratus orang. (A-176)***

0 komentar: