13 Februari 2009 INDOSAT RAIH 4 Award

Simpati dan Kartu Halo Top Brand 2009

Jakarta, Investor Daily – Produk layanan telekomunikasi meraih Top Brand Award 2009. Dua produk Telkomsel (Simpati dan Kartu Halo) tak tergoyahkan, 10 tahun berturut-turut meraih predikat sebagai layanan telekomunikasi pilihan utama masyarakat Indonesia, sehingga memperoleh predikat Top of The Top.

Indosat meraih empat penghargaan sekaligus. Yakni untuk tiga produk Indosat-IM3, Mentari dan Matrix meraih penghargaan Top Brand Award 2009. Satu lagi adalah anak perusahaan Indosat, PT Indosat Mega Media (IM2), yang meraih penghargaan untuk kategori Internet Provider. Sedangkan PT Excelcomindo Pratama meraih penghargaan serupa untuk produknya, Xplor (pascabayar).

Penghargaan Top Brand 2009 didasarkan dari hasil survei lembaga independen Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing terhadap merek-merek pilihan masyarakat. Ada tiga parameter yang dilihat, yakni mind share, market share dan commitment share. Survei dilakukan terhadap 3 ribu responden di enam kota, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan dan Makassar.

Berdasarkan parameter tersebut diperoleh indikator kekuatan merek yang disebut TBI (top brand index). Menurut lembaga survei itu, untuk kategori SIM Card Prabayar, nilai TBI tertinggi diperoleh Simpati 42,9%, disusul IM3 17,9% dan Mentari 15,8%. Sedangkan untuk kategori SIM Card Pascabayar, nilai TBI tertinggi diraih Kartu Halo 63,6%, disusul Matrix 20,8%, dan Xplor 14,5%.

Manager Corporate Communications Telkomsel Suryo Hadiyanto mengatakan, penghargaan Top Brand selama 10 tahun berturut-turut itu juga tercermin di pasar dengan terus meningkatnya jumlah pelanggan Telkomsel. “Kartu Simpati kini telah digunakan 45 juta pelanggan dan Kartu Halo dipakai oleh 2 juta orang,” kata Suryo di Jakarta, Rabu (11/2).

Selain Simpati dan Kartu Halo, Telkomsel memiliki produk prabayar lain, yakni Kartu As, yang telah digunakan 20 juta pelanggan. Total pelanggan Telkomsel saat ini telah mencapai 67 juta. Pada akhir 2008, jumlah pelanggan Telkomsel 65,3 juta atau bertambah 17,5 juta pelanggan dibanding posisi akhir 2007.

Sementara itu, Group Head Brand Marketing Indosat Teguh Prasetya mengatakan, penghargaan itu merupakan pengakuan masyarakat terhadap berbagai program marketing dan brand building Indosat. Ini semua ditujukan untuk memperkuat brand produk seluler Indonesia dan tentu saja meningkatkan penjualannya.

“Penghargaan terhadap 3 brand Indosat, yaitu Matrix, IM3 dan Mentari , menjadi bukti bahwa kartu prabayar dan paskabayar Indosat diterima dengan baik oleh Masyarakat,” kata Teguh di Jakarta, Kamis (12/2).

Sedangkan, anak perusahaan Indosat di bidang internet dan multimedia (Indosat M2) juga berhasil meraih Top Brand Award 2009 untuk kategori Internet Provider. Dengan demikian, secara keseluruhan Indosat beserta anak perusahaannya membuktikan komitmen layanan yang berkualitas prima dengan meriah total empat Top Brand Award. (rz)

0 komentar: