24 Februari 2009 Telkom Raih Penghargaan Platinum

Dalam Indonesian CSR Award 2008


Bandung, Radar Bandung – Telkom raih enam penghargaan pada penganugerahan Indonesian CSR Award 2008. Salah satunya penghargaan Platinum, yang merupakan penghargaan dengan nilai terbaik di bidang sosial, ekonomi dan lingkungan.

Penyerahan penghargaan berlangusng di Ballroom Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, kemarin (23/2). Penyerahan penghargaan dilakukan Menteri Sosial RI, Bachtiar Chamsyah, diterima Direktur Human Capital & General Affair Telkom Faisal Syam.

Selain meraih penghargaan Platinum, Telkom melalui Divisi Regional (Divre) I Sumatera, juga meraih penghargaan Gold di bidang Sosial, penghargaan Silver di bidang ekonomil sosial dan lingkungan, juara pertama dibidang Sosial, juara pertama di bidang sosial ekonomi dan lingkungan.

Sedangkan juara kedua untuk bidang ekonomi sosial dan lingkungan diraih Telkom Divre V Jawa Timur. Jadi, praktis melalui Divisi Regional I & V, Telkom meraih enam penghargaan.

Thendri Suprianto, selaku Ketua CFCD (Corporate Forum for Community Development) mengakui, Telkom merupakan salah satu perusahaan yang memiliki nilai baik dibidang Corporate Social Responsibility (CSR). “Hal ini tentu layak ditiru oleh perusahaan lain,” jelasnya. Hal ini katanya, menunjukkan bahwa Telkom memiliki tanggung jawab sosial tinggi terhadap kesejahteraan bangsa dan diharapkan dapat mengatasi masalah kemiskinan di Indonesia.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Sosial, Bachtiar Chamsyah. Menurutnya, CSR merupakan salah satu cara yang baik untuk dilakukan guna memenuhi salah satu tujuan negara yang tertuang dalam pembukaan Undung-Undang Dasar 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum.

Sementara itu, Vice President Public & Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia menanggapi positif penghargaan yang diraih Telkom dalam ajang berbengsi terebut. “Sekalipun kami tidak menjadikan perolehan award sebagai tujuan dari kegiatan CSR Telkom, namun apresiasi semacam itu akan sangat memotivasi kami untuk lebih giat lagi dalam menjalankan praktek CSR,” terang Eddy dalam rilisnya yang diterima Radar Bandung, kemarin.

Obsesi Sumatera Pulau Digital
Prestasi Telkom Sumatera di bidang CSR, seperti diakui Kepala Divisi Regional I Sumatera Muhammad Awaluddin, tak lepas dari obsesinya untuk memajukan wilayah tersebut melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Setidaknya ada dua program CSR yang aktif dijalankan oleh Telkom Sumatera, yaitu Education for Tommorow (E4T) untuk mewujudkan obsesi Sumatera Pulau Digital, dan Pembangunan Kampung Digital. Awaluddin tidak memungkiri bahwa upaya ini juga berdampak pada terbentuknya brand image layanan Data dan Internet Telkom yang semakin kuat.

Sejak 2007 hingga 2008, program E4T menurut Awaluddin telah mendidik sedikitnya 238.000 siswa. “Melalui program ini, kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan ICT ditingkatkan,” katanya.

Sedangkan untuk program Kampung Digital, Telkom Divre Sumatera mengambil sampel kegiatan di Kampung Digital Sampali (Kecamatan Percut Situan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara) yang berpenduduk 18.000 jiwa.

Melalui pendekatan Tripple Bottom Line, Telkom mendirikan pusat Informasi Masyarakat dengan menyebar titik-titik akses (access points) semacam RT/RW-net serta melatih sekitar 1.800 masyarakat setempat (10 persen dari seluruh jumlah penduduk), membantu pengembangan usaha di bidang makanan lokal unggulan serta membantu para mitra binaan, membantu pembangunan jalan aspal, menanam 1.000 pohon mangga serta membantu pengolahan pupuk organik. (*/dad)

0 komentar: