23 Februari 2009 Tender Offer Qtel Selesai Lebih Cepat

Oleh Pudji Lestari


Jakarta, Bisnis Indonesia – Qatar Telecom, Qtel Q.S.C (Qtel) akan menyelesaikan transaksi penawaran tender terhadap 24,19% saham PT Indosat Tbk porsi publik lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan yaitu 5 Maret 2009.

Berdasarkan tabulasi akhir yang dilakukan oleh The Bank of New York Mellon, selaku agen penawaran tender di AS, dan PT Danareksa Sekuritas sebagai agen tender offer di Indonesia, diketahui 2,32 miliar saham seri B Indosat yang masuk untuk mengikuti penawaran tender saham Indosat yang digelar Qtel.

Penawaran yang masuk terdiri dari 17,70 juta American Depository Shares (ADS) melalui The Bank of New York Mellon dan 1,44 miliar saham seri B melalui Danareksa. Adapun penawaran tender di New York yang menggunakan satuan American depository shares (ADS) setara dengan 50 saham biasa seri B.

“Setelah pelaksanaan penawaran tersebut, Qtel akan memiliki 65% dari jumlah saham B termasuk dalam bentuk ADS. Penyelesaian penawaran ini akan berlangsung pada 5 Maret atau bisa lebih cepat,” jelas manajemen Qtel dalam keterbukaan informasinya kepada bursa saham New York, akhir pekan lalu.

Pembayaran untuk penawaran tender ADS akan dilakukan dalam bentuk dolar AS dan dalam bentuk rupiah untuk penawaran tender atas saham biasa seri B di Indonesia. “Sisa saham dan ADS yang tidak diterima dalam penawaran ini akan dikembalikan kepada pemiliknya.”

Ketika dihubungi akhir pekan lalu, Direktur Danareksa Sekuritas Marciano Herman mengatakan berhubung Qtel hanya menggelar penawaran tender untuk 1,31 miliar saham atau 24,19% dari total modal yang disetorkan Indosat, maka rasio penjatahan saham sebesar 56,54%.

Itu berarti seorang investor yang memiliki 100 saham hanya dapat menjual 56 sahamnya kepada Qtel.
Berdasarkan rasio itu, Qtel akan membeli 10,01 juta ADS pada harga penawaran US$31,0055 per ADS atau setara dengan Rp369.400 (asumsi US$1 = Rp11.914) dan 813,94 juta saham seri B pada harga satuan Rp 7.388.

0 komentar: