11 Juni 2009 Axis Hadirkan BlackBerry

Jakarta, Investor Daily – PT Natrindo Telepon Seluler (NTS), operator Axis, akhirnya menjadi operator BlackBerry keempat di Indonesia, setelah Telkomsel, Indosat, dan Excelcomindo Pratama. Untuk tahap awal, Axis hanya menyediakan dua tipe BlackBerry, yaitu Bold dan Javelin.

“Kami senang dapat bekerja sama dengan RIM untuk membuat sesuatu yang berbeda di pasar telekomunikasi di Indoneisa,” kata Chief Marketing Officer (CMO) PT NTS Johan Buse saat meluncurkan layanan BlackBerry di Jakarta, Rabu (10/6).

Untuk mendukung pemasarannya, Buse mengatakan infrastruktur jaringan ke RIM sedang disiapkan Axis sebesar 2 megabit per detik (Mbps). Sebanyak 25% dari 3.500 BTS adalah BTS 3G (node B).

Dalam berkompetisi dengan tiga operator sebelumnya, lanjut dia, PT NTS telah menyiapkan penawaran unik yang berupa layanan bebas kekhawatiran, termasuk garansi resmi dua tahun dari RIM dan satu tahun asuransi, paket langganan spesial, dan aksesori yang menarik.

Sedangkan Vice President Marketing Communication PT Excelcomindo Pratama (EP) Turina Farouk mengungkapkan, XL siap memakai strategi penjualan bundling dengan asuransi untuk memberikan jaminan terhadap perangkat BlackBerry pelanggan XL. Dengan begitu, perangkat BlackBerry yang dibeli pelanggan sudah mendapatkan jaminan asuransi.

Sementara itu, PT Smart Telecom, operator Smart yang berbasis teknologi CDMA memastikan akan meluncurkan BlackBerry versi CDMA pada September atau Oktober 2009. Namun demikian, kata Chief Sales Offier PT Smart Telecom Charles Sitorus, pihaknya belum dapat memastikan harga dan jumlahnya.

“Barangnya belum dikirim. Belum ada di sini. Jadi, saya belum bisa pastikan harga dan jumlahnya,” kata dia.

Charles menjanjikan, dalam satu kesempatan akan memberikan penjelasan lengkap. Yang terpenting, pertemuan Smart dengan RIM telah mengerucut pada rencana pemasarannya di Indonesia. (cep)

0 komentar: