27 Juli 2009 Akhir Juli, Pemerintah Jelaskan Kelanjutan Palapa Ring

Jakarta, Investor Daily – Pemerintah akan memberikan penjelasan soal kelanjutan megaproyek Palapa Ring pada akhir bulan ini. Hal ini terkait permintaan anggota konsorsium Palapa Ring yang meminta kelonggaran waktu agar pembangunan fisik proyek ini bisa diundur dari Agustus ke Desember 2009.

“Kami akan memberikan penjelasan mengenai kelanjutan Palapa Ring sebelum Agustus,” kata Menkominfo M Nuh kepada pers seusai acara pembukaan Indonesia Information Communication and Technology Award (INAICTA) 2009, Jumat (24/7).

Kepala Pusat Informasi dan Humas Depkominfo Gatot S Dewa Broto mengatakan, pemerintah akan segera bertemu dengan tiga anggota konsorsium Palapa Ring yang tersisa, yaitu PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), PT Indosat Tbk, dan PT Bakrie Telecom, untuk membicarakan kelanjutan proyek Palapa Ring.

Keterbatasn dana yang menjadi kenadala utama proyek pembangunan jaringan kabel serat optik di Indonesia Timur ini akan berusaha dicarikan solusinya agar proyek ini tetap terus berjalan.

“Kami akan bertemu dan membicarakan solusi untuk mendapatkan alternatif dana pembangunan proyek Palapa Ring,” kata Gatot.

Seperti diketahui, Palapa Ring merupakan megaproyek yang membangun jaringan kabel serat optik di Indonesia Timur. Kabel serat optik itu diharapkan menjadi tulang punggung (backbone) serat optik nasional yang melingkari (ring) Nusantara. Ring itu terdiri atas tujuh cincin (ring) yang melingkupi 33 provinsi dan 460 kabupaten.

Cincin kabel serat optik yang melingkari Nusantara itu diperkirakan sepanjang 35.280 kilometer membentang di bawah laut (submarine cable) dan sepanjang 21.708 kilometer membentang di daratan (inland cable). Kabel serat optik di Indonesia Barat sudah terbentang, sedangkan di Indonesia Timur masih kosong, sehingga lahirlah proyek Palapa Ring itu. (cep/c1350)

0 komentar: