10 Juli 2009 Deeside kelola menara Natrindo

Oleh Roni Yunianto
Bisnis Indonesia

Jakarta: PT Natrindo Telepon Seluler menunjuk PT Deeside Indonesia untuk menangani pemasaran menara bersama (tower sharing) operator layanan 3G berbendera Axis tersebut.

Muslim Khan, Chief Technical Officer PT Natrindo, mengatakan pembukaan menara-menara tersebut akan memfasilitasi semua operator jaringan komunikasi bergerak.

“Ini bagian dari komitmen kami untuk mendukung inisiatif pemerintah terkait dengan pemanfaatan infrastruktur bersama,” ujarnya kemarin.

Menurut Khan, langkah itu akan memberi nilai positif bagi peningkatan penetrasi layanan telekomunikasi bergerak di Indonesia. “Ini memberi peluang bagi industri telekomunikasi untuk menekan biaya operasional dan mempercepat pembangunan jaringan,” jelasnya.

Rencananya, Deeside bukan saja diberi tugas memasarkan secara aktif menara bersama tetapi juga mengelola semua portofolio menara telekomunikasi yang akan disewakan pada operator lain.

Menurut dia, pendekatan tersebut inovatif karena pihaknya menggunakan perusahaan independen eksternal untuk berperan sebagai unit usaha menara telekomunikasi yang dinilai semakin kompetitif.

Di sisi lain, langkah itu akan memberi kepastian kepada penyewa menara Axis dalam mendapat layanan yang efisien dibandingkan dengan layanan lain yang ditawarkan di pasar.

Riady Armansyah, Country Manager Deeside Indonesia, menyatakan proses penyewaan menara akan dipersingkat untuk mendorong peminat dari pihak ketiga dalam menempatkan infrastrukturnya di menara Axis.

“Mereka dapat memperluas cakupan bagi konsumen dengan cepat tanpa perlu membangun menara lagi sehingga menguntungkan persuahaan, konsumen dan lingkungan,” tuturnya.

Jaringan Axis saat ini diklaim telah tersedia di lebih dari 160 kota dan berkembang pesat ditengah upaya operator itu menyediakan layanan pita lebar nirkabel berkualitas dengan harga terjangkau bagi segmen perumahan, bisnis, komunitas dan pelanggan individu.

0 komentar: