10 Juli 2009 Trafik ponsel naik 17%

Oleh Roni Yunianto
Bisnis Indonesia

Jakarta: Trafik telekomunikasi selama hari H pemilihan presiden (Pilpres) yang juga bersamaan dengan hari libur nasional dan libur sekolah meningkat hingga 17% dibandingkan dengan hari biasa.

“Dari SMS misalnya, dari yang hari biasa mencapai 350 juta SMS per hari pada hari H pilpres naik 17% menjadi 430 juta SMS dalam 1 hari,” ujar Suryo Hadiyanto, Corporate Communications Manager PT Telkomsel, kepada Bisnis kemarin.

Menurut Suryo, hal itu wajar mengingat hari H pilpres juga merupakan hari libur nasional dan libur sekolah.

Adita Irawati, Division Head Public Relation PT Indosat Tbk, menuturkan saat Pilpres 2009 dan menjelang akhir masa liburan sekolah trafik naik signifikan.

“Trafik percakapan saat pilpres, pada Rabu (8 Juli) naik 33,46% dibandingkan dengan trafik hari biasa atau pada awal Juni,” ujarnya.

Dia mengatakan trafik SMS juga mengalami kenaikan beberapa hari menjelang pilpres, di mana kenaikan trafik SMS pada 8 Juli sebesar 10,32% dibandingkan dengan trafik hari biasa atau awal Juni atau patokan 1 Juni 2009, dengan total volume SMS pada hari tersebut 242,8 juta SMS.

Adapun untuk tingkat keberhasilan pengiriman SMS antarpelanggan Indosat saat pilpres mencapai 94,3% yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan di jaringan internal Indosat.

“Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke operator lain saat pilpres mencapai 94,07% walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antaroperator.”

Sementara itu, untuk trafik data (2G dan 3G), Adita mengatakan terjadi peningkatan trafik yang terus berlanjut setiap hari. Trafik harian pada sat pilpres sebesar 14,6 terabyte per hari atau meningkat 13,53% jika dibandingkan dengan trafik data hari biasa 1 Juni.

Febriati Nadira, Public Relation Manager PT Excelcomindo Pratama Tbk, menuturkan jaringan XL selama pilpres aman.

0 komentar: