22 Juli 2009 Hutchison diminta ganti rugi pelanggan

Oleh Roni Yunianto & Arif Pitoyo
Bisnis Indonesia

Jakarta: Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) meminta Hutchison CP Telecommunication mengembalikan pulsa atau dana penjualan tiket Manchester United Asia Tour 2009 melalui SMS (layanan pesang singkat) kepada pelanggannya.

Anggota BRTI Heru Sutadi menegaskan pembatalan pertandingan sepak bola tersebut karena alasan force majeur sehingga operator Three tersebut tidak bisa sepenuhnya disalahkan.

“Hal tersebut di luar kendali dan tidak diharapkan. Namun, kepentingan konsumen tetap harus diutamakan agar tidak menimbulkan ketidak percayaan pelanggan kepada operator pada kemudian hari,” tuturnya kepada Bisnis, kemarin.

Menurut dia, meski hal itu merupakan kejadian yang di luar kendali, Hutchison diharapkan mengganti kerugian pelanggannya melalui mekanisme yang dianggap menguntungkan semua pihak untuk kepentingan jangka panjang.

Heru mengatakan apabila tidak dilakukan penggantian maka dalam jangka panjang pelanggan akan antipati terhadap semua penjualan atau pengundian lewat SMS.

Sebagaimana diketahui, Hutchison merupakan salah satu sponsor Manchester United Asia Tour 2009 dan memborong sekitar 30% tiket yang tersedia untuk dijual ke pelanggannya melalui pendaftaran lewat SMS.

Manajemen PT Hutchison CP Telecom masih menunggu konfirmasi dari Local Organizing Commitee Manchester United Asia Tour 2009 terkait dangan langkah-langkah pengembalian tiket.

Suresh Reddy, Chief Commercial Officer PT Hutchison CP Telecom (Three), mengatakan pihaknya menyiapkan rencana lebih lanjut pengembalian itu.

“Kami akan mengumumkan selanjutnya keputusan yang menguntungkan pelanggan sehubungan dengan tiket yang telah terjual sebelumnya,” ujarnya dalam siaran pers.

Hutchison juga memberikan tiket gratis untuk menyaksikan Manchester United versus Indonesian All Star melalui mekanisme pengundian.

Siaran pers Three menyatakan program unidan berlangsung hingga 16 Juli 2009. Suresh mengatakan program gratis tiket Asia Tour Manchester United itu bisa berkesempatan menyaksikan aksi laga Manchester United dan tim Indoneisan All Star.

Penentuan pemenang akan ditentukan melalui mekanisme pengundian yang dilakukan setiap hari selama periode promo.

Total pelanggan Three hingga akhir Maret 2009 mencapai 5,3 juta di 3.000 kecamatan dengan membukukan pendapatan rata-rata per pelanggan Rp10.000.

Sementara itu, manajeman Three menyatakan berbelasungkawa atas tragedi bom di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton pada 17 Juli 2009 yang kemudian membuat klub Manchester United tidak dapat tampil di Indoneisa pada Asia Tour 2009.

0 komentar: