15 Juli 2009 Telepon Seluler, Gaya Hidup Masa Kini

Seputar Indonesia – Telepon seluler (ponsel) telah menjadi benda yang tidak dapat dipisahkan dari keseharian masyarakat Indonesia. Tua, muda, dewasa, hingga anak-anak, menjadikan ponsel sebagai gaya hidup. Terlebih layanan dari masing-masing provider terus berusaha memanjakan penggunanya.

Tak heran, di mana pun dan kapan pun, para pengguna ponsel asik dengan fitur yang terdapat di dalamnya, mulai dari game, TV, radio, musik, film, kuis, komik, recorder, kamera, layanan perbankan, hingga dompet digital. Selain itu, ponsel pun telah menjadi barang mewah bagi sebagian penggunanya dan dijadikan sebagai barang bergengsi.

Pengamat Komunikasi dari Universitas Islam Bandung (Unisba) Septiawan Santana mengatakan, tidak dapat dipungkiri bahwa ponsel telah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tidak hanya kalangan tua, muda, tetapi juga anak-anak dari daerah perkotaan hingga pelosok desa.

“Trensnya mulai sekitar tahun 2000 silam. Ada struktur sosial yang mengarahkan ponsel menjadi gaya hidup. Tetapi, hal ini didasari pada kebutuhan dan kepentingan. Mereka memanfaatkan ponsel untuk menjalani hidup yang lebih efisien dan efektif di mana pun itu. Di kota atau di perkampungan sekalipun,” jelas Septiawan.

Hal senada dipertegas General Manager Sales & Customer Service Telkomsel Regional Jabar Tubagus Daniel Azhari. Dia mengatakan, kehadiran ponsel telah memunculkan gaya hidup yang penuh mobilitas atau dikenal dengan nama mobile-lifestyle atau m-lifestyle. Kini ponsel tak hanya sekadar untuk menelpon dan SMS, tapi memiliki peran sangat penting dalam mendukung berbagai aktivitas sehari-hari yang penuh mobilitas.

Mendukung pelayanan yang semakin baik dengan mengusung visi The Best Mobile Lifestyle provider in Region, Telkomsel siap dengan berbagai layanan mobile lifestyle. Mulai dari Layanan 3G, Telkomsel Flash, Mobile Banking, Mobile Wallet T-Cash, BlackBerry Internet Service, iPhone 3G, Nada Sambung Pribadi (NSP), dan ribuan konten lain.

“Telkomsel Flash misalnya, tidak sebatas layanan video call dan dunia konten. Tetapi dilengkapi dengan inovasi layanan mobile broadband atau internet berkecepatan tinggi hingga mencapai 7,2 Mbps. Layanan ini merupakan solusi kebutuhan gaya hidup sebagian masyarakat yang menuntut solusi akses informasi cepat dan nyaman serta mendukung aktivitas atau pekerjaannya,” jelasnya.

Telkomsel juga hadir menjadi operator pertama dan satu-satunya di Indonesia yang meluncurkan iPhone 3G dengan 11 layanan khas Indonesia. Seperti info busway Trans Jakarta, olahraga dunia, berita berbahasa Inggris, info kuliner, peta, gaya hidup, musik, dan lain. Juga terdapat layanan mobile banking dengan 38 mitra bank yang dapat melayani cek saldo, transfer, dan transaksi.

“Mendukung kebutuhan masyarakat, Telkomsel telah mendirikan lebih dari 27.800 BTS meng-cover lebih dari 95% populasi Indonesia. Bahkan dengan tambahan program USO yang melayani 24,056 desa, layanan Telkomsel akan menjangkau hampir 100% wilayah populasi Indonesia. Termasuk layanan luar negeri dengan kualitas jaringan yang handal,” tegasnya. (arif budianto)

0 komentar: