14 Juli 2009 Tujuh Peserta Berpeluang Rebut Lisensi Akses Pita Lebar

Jakarta, Koran Jakarta – Tender akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access/BWA) yang akan memasuki tahapan lelang harga pada 14, 15, dan 16 Juli nanti diperkirakan hanya diperebutkan tujuh dari 21 peserta yang lolos prakualifikasi.

“Beredar kabar di lingkungan Depkominfo, hanya tujuh peserta yang akan bersaing ketat hingga putaran terakhir. Hanya ada dua konsorsium dan lima perusahaan telekomunikasi yang akan bersaing,” ujar sumber Koran Jakarta, Senin (13/7).

Persaingan ketat akan terjadi antara Telkom dan Indosat untuk zona nasional. Sedangkan untuk beberapa zona daerah, diperebutkan oleh pemain lainnya.

“Satu blok nasional diperebutkan oleh dua incumbent tersebut. Sisanya pemain lain mencoba untuk memenanginya,” katanya.

Secara terpisah, juru bicara tender BWA Iwan Krisnandi membantah hanya tujuh perusahaan yang akan bermain hingga tahap akhir. “Setahu saya 21 peserta itu semuanya berpeluang. Kita lihat saja besok,” katanya.

Sebelumnya, Depkominfo menetapkan sistem e-Auction dalam tender BWA selama dua jam setiap harinya sejak tanggal 14, 15, dan 16 Juli 2009 mendatang.

Tender BWA di frekuensi 2,3 GHz sendiri membagi spektrum atas 15 zona wilayah tender, yakni Sumatera Bagian Utara, Tengah, dan Selatan, Jabodetabek, Jawa Bagian Barat, Tengah, dan Timur. Kemudian, Bali, Nusa Tenggara, Papua, Maluku, dan Maluku Utara, Sulawesi Bagian Selatan dan Utara, Kalimantan Bagian Barat dan Timur, serta Kepulauan Riau.

Peserta tender maksimal boleh menawar dua blok frekuensi (30 MHz) di masing-masing zona. ■ dni/E-2

0 komentar: