31 Agustus 2009 Telkom suntik Rp300 miliar ke Metra

Oleh Bambang P. Jatmiko
Bisnis Indonesia

Jakarta: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) kembali menyuntikkan modal kepada anak usahanya, PT Multimedia Nusantara (Metra) sebesar Rp300 miliar sebelum akhir tahun ini.

Direktur Telkom yang juga menjabat Presiden Komisaris Metra Indra Utoyo menuturkan dana yang disuntikkan itu merupakan bagian dari komitmen perseroan menyuntikkan modal kepada Metra sebesar Rp 1 triliun selama 2009.

“Semester I sudah disuntikkan sebesar sekitar Rp650 milira – Rp700 miliar, maka sisanya akan segera disuntikkan pada semester II ini,” ujarnya pekan lalu.

Telkom menyuntikkan dana sebesar Rp 1 triliun kepada Metra untuk ekspansi bisnis perusahaan tersebut.

Penyuntikan modal oleh Telkom pada tahun ini merupakan yang terbesar. Sebelumnya, BUMN telekomunikasi tersebut berkomitmen menyuntik Metra di bawah Rp1 triliun.

Selama semester I tahun ini, pendapatan Metra mencapai Rp800 miliar. Dari jumlah itu, laba bersih yang dicatat perseroan mencapai Rp10 miliar.

Metra sejauh ini bergerak di bidang layanan multimedia dan layanan data menggunakan satelit. Perusahaan ini merupakan salah satu anak usaha Telkom dengan skala bisnis yang besar.

Metra saat ini juga memiliki saham PT Patra Telekomunikasi Indonesia (Petrakom) sebesar 40%. Indra menambahkan perseroan akan melepas kepemilikan sahamnya di perusahaan itu.

Patrakom merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan layanan jaringan telekomunikasi berupa komunikasi data, suara, video, multimedia, dan Internet.

Perusahaan tersebut berdiri pada 1995 dengan pendiri PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Indosat Tbk, PT Elnusa, PT Panutan Duta dan PT Humpuss.

0 komentar: