28 September 2009 31 Ribu Desa Belum Dapat Jaringan Telepon

Kudus, Investor Daily – Sebanyak 31.000 desa yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia hingga kini belum mendapatkan jaringan telepon dan internet. “Sebelumnya, ada sekitar 43.000 desa yang belum tersedia jaringan telepon dan internet. Tetapi, saat ini hanya tinggal 31.000 desa saja,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh usai halal bihalal dan peluncuran situs di Madrasah Qudsiyyah di Kudus, Sabtu (26/9).

Nuh mengatakan, saat ini pemerintah telah menunjuk (melalui proses tender) dua operator yang akan membangun jaringan telekomunikasi di seluruh desa yang belum terjamah itu. Kedua operator yang telah memenangi tender Universal Service obligation (USO) itu adalah Telkomsel dan PT Icon+ (anak perusahaan PT PLN Persero).

“Target pemerintah pada awal 2010 mendatang pembangunan jaringan telepon dan internet di 31.000 desa tersebut akan selesai,” ujarnya.

Proses pembangunan jaringan telepon dan internet, kata dia, pada 24.000 desa yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia akan selesai dibangun pada akhir tahun ini oleh PT Telkomsel. “Sedangkan sisanya, sekitar 7.000 desa ditargetkan selesai pada awal 2010,” ujarnya.

Dari puluhan ribu desa yang belum tersedia jaringan telepon dan internet tersebut, kata dia, sebagian besar berlokasi di Pulau Jawa. “Bahkan, di Jawa Timur saja mencapai 3.000 desa yang belum memiliki jaringan telepon dan internet,” ujar mantan rektor Institut Teknologi 10 November Surabaya ini.

Selain ketersediaan jaringan, kata dia, pemerintah juga mengupayakan harga fasilitas tersebut terjangkau oleh masyarakat. “Meskipun harganya terjangkau, kualitas jaringan dan keamanan juga tetap ditingkatkan,” ujar Nuh. (ant)

0 komentar: