28 September 2009 Indosat alami kenaikan trafik data

Oleh Roni Yunianto
Bisnis Indonesia

Jakarta: PT Indosat Tbk mencatat kenaikan trafik komunikasi data yang signifikan sepanjang masa mudik Lebaran tahun ini dari Lebaran tahun lalu.

Adita Irawati, Group Head Corporate Communications Indosat, mengatakan apabila dibandingkan dengan catatan pada Lebaran 2008, trafik komunikasi data pada Lebaran tahun ini mengalami lonjakan kenaikan tertinggi dibandingkan dengan suara dan SMS, sesuai dengan perkiraan manajemen sebelumnya.

“Trafik data mengalami kenaikan tertinggi dibandingkan Lebaran 2008 sebesar 119%, adapun bila dibandingkan dengan hari biasa pada tahun ini, trafik data di H-2 Lebaran mengalami lonjakan tertinggi sebesar 18,02 terabyte per hari atau naik sebesar 9,63%,” ungkapnya akhir pekan.

Menurut Dita, hal tersebut tidak lepas dari upaya peningkatan layanan dan kualitas jaringan komunikasi data yang terus dilakukan manajemen seiring dengan tren peningkatan penggunaan komunikasi data oleh pelanggan dan masyarakat.

Indar Atmanto, Direktur Utama PT Indosat Mega Media (IM2), penyedia jasa Internet broadband terbesar di Indonesia, mengatakan fasilitas suara dan SMS menjadi pilihan utama dibandingkan broadband selama cuti bersama dan libur Lebaran.

Hasil pemantauan atas trafik broadband IM2 selama 6 hari tersebut rata-rata mencapai 736 megabyte per second (Mbps), turun dari hari normal yang rata-rata tercatat 750 Mbps.

Adapun, untuk parameter packet per second yaitu parameter yang digunakan untuk menghitung jumlah paket data yang keluar dan masuk jaringan juga menurun, tercatat 219 kilo packet per second (Kpps) dari rata-rata hari normal sebesar 250 Kpps. (K39)

0 komentar: