30 September 2009 Testimoni Pelanggan

Wah, Tetap Saja Ada Kemacetan di Beberapa Operator

Kontan – Boleh saja regulator menyatakan layanan operator selama Lebaran oke punya. Para operator juga boleh membusungkan dada. Tapi, bagaimana kata para pelanggan?

Beberapa pelanggan mengaku mengalami kegagalan pengiriman pesan pendek (SMS) ke operator lain (off net). Kalaupun berhasil, jeda waktunya lumayan panjang, yakni antara 6-12 jam.

Simak saja pengakuan Ari, ketika berada di Salatiga, Jawa Tengah. Niatnya ingin menghadiri trafik komunikasi padat di hari H, maka pelanggan XL ini mengirimkan SMS ucapan lebaran di H-1. Tapi, SMS yang ia layangkan ke familinya yang bernomor Indosat gagal terkirim. “Sudah empat kali lebih mencoba SMS, ketika ditelepon juga tidak bisa,” katanya.

Ia lalu mencoba menggunakan nomor Simpati, tapi sepupunya yang masih di satu kota tidak bisa ia hubungi. Akhirnya permasalahan selesai di malam takbiran.

Vanty, pelanggan IM3 yang sedang mudik di Madiun juga mengaku sulit sekali menghubungi temannya di Bandung, meski sama-sama menggunakan kartu keluaran Indosat. “Dicoba dari pagi, baru sore berhasil,” katanya. Beruntung komunikasi tidak terjadi dropped called atau terputus tiba-tiba. Untungnya lagi, kegagalan pengiriman SMS tidak memakan pulsa.

Tapi tidak semua pelanggan Indosat mengalami masalah. “Semuanya lancar-lancar saja,” kata Iqbal Tuwasikal, pemilik nomor Mentari saat berada di Tegal.

Pemakai Telkomsel juga kesulitan mengirimkan SMS, terutama saat hari H. Yustika, di Madiun berkali-kali gagal mengirimkan SMS ke sesama Telkomsel maupun operator lain. Baru setelah 12 jam teman-temannya menerima SMS kiriman dia.

XL juga mengalami kendala yang sama. Sebut saja Ipeh yang mudik ke Bandung mengaku teman-temannya terlambat menerima SMS. “Saya harus SMS Ulang untuk memastikan SMS saya terikriim. Ternyata SMS sebelumnya memang belum sampai juga,” keluhnya.

Humas Depkominfo Gator S. Dewa Broto pun mengalami kesulitan melakukan komunikasi. “Susah sekali menelepon, beberapa kali tak bisa terhubung,” kata Gatot. Ia sengaja mengetes performa 11 operator selama perjalanan mudik ke Jawa Tengah.

Bagaimana dengan layanan data? Para pemudik yang melalui jalur pantura mengaku tidak mengalami masalah. Tapi pemudik yang melalui jalur alternatif mengaku jaringan internet ponselnya jadi macet. Maklum, di jalur alternatif umumnya belum tercover sinyal yang berasal dari BTS 3G.

Nah, pengalaman para pemudik ini bisa menjadi masukan buat regulator dan operator. Semoga lebih baik saat Lebaran tahun depan. Dian Pitaloka Saraswati

0 komentar: