07 Oktober 2009 Indosat Serahkan Bantuan Rp 2 M

Telkomsel Perkuat Jaringan di Sumbar

Padang, Investor Daily – Telkomsel mengirimkan 300 mobile genset guna menjamin pengoperasian seluruh elemen jaringan Telkomsel yang telah pulih. Di samping itu, operator terbesar di Tanah Air ini juga menambah Compact Mobile Base Transceiver (Combat) atau mobile BTS menjadi 10 buah untuk menambah kapasitas handling trafik komunikasi.

“Setelah berhasil mempercepat pemulihan jaringan, permasalahan utama yang kini kami hadapi adalah keterbatasan suplay listrik. Untuk itu kami memutuskan untuk mengirim 300 genset dengan pesawat khusus carteran,” kata Direktur Operasi Telkomsel Ng Kwon Kee di Jakarta, Selasa (6/10).

Dengan adanya 300 mobile genset itu, lanjut dia, pihaknya berharap performansi jaringan Telkomsel terjaga, sehingga layanannya bisa optimal. Di samping itu Telkomsel juga melengkapi BTS dengan baterai rechargeable yang kuat menyuplai catu daya hingga enam jam, serta memastikan kontinuitas pasokan BBM untuk pengoperasian jaringan.

“Kami juga mendatangkan 10 mobile BTS di kota Padang untuk menggantikan fungsi BTS yang rusak bersamaan dengan runtuhnya gedung-gedung,” kata Kwon Kee.

Sejak pascagempa terjadi, Telkomsel terus melakukan penanganan secara intensif terhadap seluruh elemen, seperti perangkat catudaya, sentral Mobile Switching Center (MSC), Base Station Center (BSC), Base Transceiver Station (BTS), serta link transmisi. Bahkan pada hari pertama pascagempa, Telkomsel langsung menerbangkan tim khusus dari Jakarta untuk mempercepat pemulihan infrastruktur.

Penanganan lanjutan adalah mengamankan performansi jaringan yang telah beroperasi. “Kami bersyukur semua upaya yang telah kami lakukan secara cepat dan bertahap telah berhasil memulihkan layanan Telkomsel. Hingga hari kelima sekitar 700 BTS Telkomsel kembali beroperasi menjangkau hampir 90% wilayah inner kota Padang dan hampir 100 persen outer kota Padang seperti Bukittinggi, Solok, Payakumbuh, Pasaman, Palangki, Painan, dan bahkan pariaman yang merupakan wilayah yang terdekat dengan pusat episentrum gempa,” kata Kwon Kee.

Indosat Serahkan Bantuan
Indosat kembali menyerahkan bantuan senilai lebih dari Rp 2 miliar, baik dalam bentuk uang tunai, barang, fasilitas telekomunikasi gratis, fasilitas kesehatan cuma-cuma serta program-program khusus untuk pelanggan IM3 dan Mentari di Padang. Seluruh bantuan diserahkan jajaran direksi Indosat yang dipimpin President Direktur & CEO Indosat Harry Sasongko dan komisaris Rachmat Gobel.

“Semoga berbagai bentuk kepedulian yang kami berikan bisa membantu meringankan beban para korban serta mendukung upaya pemulihan pascagempa, sehingga kondisi kehidupan masyarakat dapat segera pulih dan normal kembali,” kata Harry.

Bantuan tersebut terdiri atas uang tunai senilai Rp 500 juta yang diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Submar, RP 400 juta berupa barang disalurkan melalui Satkorlak Sumbar, 200 unit StarOne dengan pulsa, serta program layanan bagi pelanggan IM3 dan Mentari berupa perpanjangan masa katif, bonus 60 SMS dan 60 menit percakapan. (rz)

0 komentar: