14 Oktober 2009 ‘Internet CDMA tak matikan layanan suara dan SMS’

Oleh Muhammad Sufyan
Bisnis Indonesia

Bandung: Pertumbuhan layanan Internet pada operator seluler berbasis teknologi CDMA tidak mematikan layanan suara dan pesan singkat (SMS).
Antony Pandapotan, Head of Region Jabar PT Sinar Mas Telecommunication (Smart), mengungkapkan pihaknya mencatat kenaikan jumlah pelanggan, setelah agresif menjual paket Internet nirkabel mulai awal tahun ini.

Meski enggan menyebutkan kenaikannya secara pasti, namun dia menyebutkan jumlah pengguna paket tersebut di Jabar mencapai ribuan nomor setelah operator CDMA tersebut merilis paket ZTE AC 2726 plus komputer bundling, pada pertengahan tahun ini.

“Ada pertumbuhan eksponensial pada layanan data sementara layanan eksisting seperti voice relatif stagnan. Akan tetapi, tidak ada proses kanibalisasi di sini,” katanya kepada Bisnis, kemarin.

Menurut Antony, dengan keterbatasan perangkat maupun spektrum frekuensi pada operator CDMA, layanan yang digunakan tidak bisa sekaligus dimanfaatkan oleh para pelanggannya.

“Ini sangat beda dengan operator GSM. Pemakai BlackBerry, bisa sekaligus menggunakan layanan voice, data, dan SMS pada ponselnya. Di CDMA, belum semuanya bisa begitu.”

Smart, sambung dia, dari awal memposisikan diri bahwa layanan Internetnya hanya bisa diakses melalui komputer, sementara layanan suara lebih optimal menggunakan ponsel.

Henhen Suhendi, Manager Promotion Flexi Area Commercial Jabar, mengungkapkan pertumbuhan layanan data, FlexiNet, sangat terasa pada saat libur Lebaran, September lalu.

Dibandingkan posisi Juni 2009, terjadi kenaikan trafik hingga 740%. Adapun jumlah pelanggan FlexiNet dalam kurun sekitar dua minggu setelah layanan itu diluncurkan sekitar 12.000 nomor.

“Pertumbuhan pendapatan lebih dari tujuh kali lipat dibandingkan Juni. Akan tetapi, pencapaian tersebut tidak mempengaruhi kualitas layanan suara dan SMS,” ujarnya.

Alasannya, kata dia, ketiganya memiliki segmen yang berbeda sehingga tumbuh secara beriringan, tanpa saling mempengaruhi atau mematikan satu sama lain.

0 komentar: