14 Oktober 2009 Axiata & Etisalat siap serap rights issue XL

Oleh Sylviana Pravita R.K.N
Binsis Indonesia

Jakarta: Sebanyak 99.8% saham baru PT Excelcomindo Pratama Tbk yang ditawarkan dalam penawaran umum terbatas (rights issue) senilai US$300 juta akan diserap oleh pemegang saham mayoritas operator telekomunikasi itu, yaitu Axiata Group Berhad dan Etisalat International Indonesia Ltd.

Senior Vice President Corporate Finance Excelcomindo Johnson Chan mengatakan perseroan akan menerbitkan saham baru sesuai dengan kepemilikan masing-masing dari pemegang saham.

“Saat ini, pemegang saham publik memegang 0,2% saham Excelcomindo, jadi kami akan menerbitkan saham baru sesuai dengan porsi pemegang saham publik itu. Sisanya, bagi Axiata dan Etisalat yang menguasasi Excelcomindo secara mayoritas,” ujar Johnson, kemarin.

Dia mengatakan apabila 0,2% saham publik tersebut tidak terserap oleh pemegang saham minoritas, Axiata dan Etisalat akan menjadi pembeli siaga (standby buyer). Aksi korporasi itu diperkirakan akan dilaksanakan pada Desember 2009.

Presiden Direktur Excelcomindo Hasnul Suhaimi mengatakan Axia dan Etisalat siap mendukung aksi korporasi tersebut. Adapun, Axiata sudah melaksanakan rights issue senilai US$1 miliar.

Rencana itu, lanjutnya, akan dimatangkan hingga akhir bulan ini. Rapat umum pemegang saham (RUPS) Excelcomindo akan digelar pada 16 November 2009 guna meminta persetujuan atas rencana itu.

Semula, perseroan berencana emisi ekuitas dan obligasi wajib tukar (mandatory convertible notes/MCN) pada penawaran umum terbatas (rights issue) itu.

Perseroan akan mengusulkan tiga opsi atas komposisi tersebut kepada pemegang sama mayoritas, yaitu Axiata dan Etisalat.

Pertama, penerbitan saham hingga 100% dari komposisi rights issue senilai US$300 juta itu. Kedua, emisi MCN hingga 100% dari rights issue itu. Ketiga, emisi 50% saham dan 50% MCN.

Penerbitan saham baru itu semula direncanakan terdiri dari dua bagian, yaitu penerbitan saham baru dan surat utang yang dapat dikonversikan menjadi saham pada waktu tertentu.

Perseroan akan menggunakan seluruh hasil rights issue untuk membayar utang. Langkah itu akan mengurangi biaya bunga dan memperbaiki struktur modal, sehingga neraca Excelcomindo semakin kuat untuk berinvestasi.

0 komentar: