03 Oktober 2009 Kembangkan Mobile Advertising, Indosat Luncurkan Utones

Jakarta, Investor Daily (01/10/2009) – Untuk lebih mengembangkan mobile advertising (beriklan lewat ponsel), Indosat meluncurkan Utones. Aplikasi ini berbentuk tampilan visual dalam format GIF animation yang akan muncul di layar ponsel pelanggan setiap kali ada SMS atau panggilan telepon masuk.

“Layanan baru ini merupakan wujud dan upaya Indosat untuk terus menjadi yang terdepan memberikan inovasi dalam teknologi seluler, serta semakin memperkaya fitur layanan Value Added Services (VAS) yang telah ada. Dengan adanya fitur yang menarik ini, pelanggan dan mitra diharapkan dapat memanfaatkannya dalam mendukung kegitan komunikasi mereka dengan variasi animasi pada layanan incoming call dan SMS,” ujar Chief Marketing Officer Indosat Guntur S Siboro di Jakarta, Rabu (30/9).

Indosat adalah pelopor mobile advertising channel atau media beriklan melalui ponsel. Ini adalah media beriklan alternatif dari media konvensional, seperti media cetak, radio atau televisi. Bila selama ini iklan yang dikirim ke ponsel pelanggan berupa tulisan, dengan Utones, iklan yang diterima pelanggan menjadi lebih atraktif karena menampilkan pop-up gambar iklan yang sebenarnya.

Layanan ini merupakan media baru untuk iklan (mobile advertising), melengkapi media mobile advertising yang telah dimiliki Indosat, seperti SMS, MMS, dan WAP.

Media beriklan melalui ponsel di beberapa negara sudah mulai digemari karena lebih praktis dan tepat sasaran. Iklan langsung dikirimkan ke ponsel penerima sesuai target market pemasang iklan. Pemasang iklan bisa memilih iklan yang akan dikirimkan ke palanggan yang ada di suatu wilayah tertentu, dengan spesifikasi kriteria pelanggan yang diinginkan, misalnya berdasarkan umur, pendidikan atau jenis kelamin tertentu.

Aplikasi Utones berbasis GPRS, dan bisa di-install di ponsel yang menggunana sistem operasi Symbian dan Windows Mobile. Layanan ini berlaku untuk semua pelanggan GSM Indosat. Untuk menggunakan aplikasi ini, pelanggan harus men-download dan meng-install aplikasi Utones di ponsel. Untuk mengaktifkan Utones, pelanggan harus registrasi terlebih dahulu dengan mengisi beberapa formulir yang terdapat pada aplikasi ini.

Guntur menjelaskan, palikasi Utones bisa didapatkan dengan empat cara, yakni mengunduhnya via i-menu *123# dan *168#, serta mengunduhnya lewat mobile portal Indosat (http://m.indosat.com) atau melalui SMS dengan mengetik Reg utones kirim ke 168. pelanggan tidak dikenai biaya untuk registrasi. Sedangkan untuk berhenti berlangganan, pelanggan cukup meng-uninstall aplikasi Utones tersebut.

Keuntungan yang diterima pelanggan setelah mengaktifkan layanan Utones adalah mendapat poin apabila iklan muncul di layar ponsel saat ada panggilan dan SMS masuk. Poin yang diberikan kepada pelanggan atas penerimaan iklan bernilai Rp50 yang dapat diakumulasi dan ditukar dengan pulsa Indosat dan merchant-merchant tertentu. Untuk mengecek poin bisa menggunakan ponsel sendiri atau orang lain dengan memasukkan nomor ponsel serta password.

“Pelanggan dapat mengirimkan aplikasi Utones kepada pelanggan Indosat lain (share application to friend) dan pelanggan akan mendapat tambahan bonus SMS,” kata Guntur. (rz)

0 komentar: