03 Oktober 2009 NSN Sukses Demonstrasikan LTE

Jakarta, Investor Daily – Nokia Siemens Networks (NSN) sukses mendemonstrasikan teknologi GSM generasi keempat (4G) yang dikenal dengan Long Term Evolution (LTE). Dengan menggunana base transceiver station (BTS) komersial dan peranti lunak standar, NSN berhasil membuat panggilan data pertama di dunia dengan menggunakan LTE.

“Kami melihat pelanggan mengadopsi LTE dalam rentang waktu yang berbeda-beda dan kami siap untuk memenuhi kebutuhan pengguna LTE awal maupun operator yang memiliki jalur migrasi luas dari 3G/HSPA+ ke LTE,” kata Kepala Unit Bisnis Radio Access NSN Marc Rouanne dalam siaran pers, Rabu (30/9).

Panggilan data LTE itu dilakukan di Pusat Riset & Pengembangan NSN di Ulm, Jerman, Implementasi pertama layanan LTE diperkirakan terjadi pada akhir 2009 dengan penggelaran jaringan komersial besar-besaran pada awal 2010.

NSN berkomitmen untuk mendorong implementasi komersial mulai tahun depan dengan solusi lengkap yang menyediakan jalur menuju LTE yang efisien biaya, mudah, dan teruji untuk penggunaan di masa depan hanya dengan up grade software. Kini, NSN telah mengirim hardware Flaxi Base Station yang kompatible dengan LTE ke lebih dari 80 operator. (rz)

0 komentar: