08 Oktober 2009 SMS Donasi Gempa Sumbar

Ditargetkan Rp 8 Miliar

Suara Pembaruan – Bantuan bagi para korban gempa Sumatera terus mengalir dari berbagai pihak untuk mengurangi beban masyarakat yang ditimpa bencana. Salah satu upaya yang tengah digalakkan adalah menggalang dana dari donasi layanan pesan singkata atau dikenal dengan SMS donasi.

Untuk korban bumi Sumatera, Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) berharap dana yang digalang bisa mencapai Rp 8 miliar, sebagaimana yang pernah di capai dalam SMS donasi gempa bumi Yogyakarta dan Jawa Tengah pada Mei 2006 lalu.

“Kami berharap SMS donasi dari semua operator bisa mencapai target seperti yang pernah diperoleh saat membantu korban gempa bumi Yogyakarta dan Jawa Tengah. Saat itu angka yang dicapai sangat fantastis Rp8 miliar,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Depkominfo Gatot S Dewa Broto di Jakarta, Senin (5/10).

Dia menyebutkan, SMS donasi dari semua operator untuk korban gempa Sumatera ditetapkan Rp 5.000 per SMS dan berlaku selama sebulan. Dengan masa waktu tersebut, diharapkan dapat tercapai angka Rp 8 miliar dan akan disumbangkan kepada berbagai pihak terkait melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Dia berharap, mobilisasi pengiriman SMS donasi ditingkatkan, sehingga potensi dana yang diperoleh semakin besar. Jangan sampai, kata dia, seperti pengalaman gempa Jawa Barat (Tasikmalaya) beberapa waktu lalu yang hanya terkumpul di bawah Rp 100 juta.

“Mungkin juga saat itu tidak optimal dalam memobilisasi,” ujarnya.

Sejauh ini, tercatat sudah ada beberapa operator melakukan SMS donasi seperti Telkom, Indosat dan Axis.

Bagi pelanggan Telkom Flexi atau yang dikenal dengan Flexter sejak Jumat (2/10) hingga Minggu (4/10) sudah terkumpul sekitar 125.000 SMS dengan total dana yang terihimpun mencapai Rp625 juta.

Dihimbau
VP Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia, dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, program SMS donasi berlangsung selama satu bulan. Setiap SMS yang berisi kata PEDULI dan dikirim ke nomor khusus 5000, maka pelanggan Telkom Group, termasuk Telkomsel, akan dipotong pulsa senilai Rp5000.

Selain itu, Axis juga membuka aksi sosial SMS donasi. “Semua pelanggan Axis diundang untuk menyalurkan sumbangannya melalui SMS ke 1111 dan dapat langsung menyumbangkan dana dalam nilai Rp5.000, Rp20.000, atau Rp50.000,” kata Direktur Personalia Axis Wahyudin Adikusumah.

Untuk mengirimkan sumbangannya, pelanggan mengirimkan SMS dengan foramt DONASI ke nomor 1111. contoh: DONASI 50.000 kirim ke 1111 untuk menyumbang sejumlah Rp50.000.

XL juga membuka layanan SMS donasi untuk mempermuadah pelanggan yang hendak menyalurkan donasi bagi korban bencana gempa ini. Pelanggan dapat mengirimkan donasi dengan cara mengetik SMS: SUMBAR, kirim ke nomor 2000 untuk donasi Rp2.000, atau Rp5000 untuk.

Depkominfo telah menyarankan kepada seluruh operator untuk membuka layanan SMS donasi. Selain itu, aktivitas bantuan lain dari masing-masing operator tentu harus tetap dilakukan dalam berbagai cara dan kemampuan yang bisa dilakukan.

“Operator harus segera membuat SMS donasi untuk para korban gempa di Sumatera Barat dan harus dipromosikan kepada pelanggan,” tukas Sekejn Depkominfo Basuki Yusuf Iskandar, pekan lalu di sela-sela memimpin rapat khusus dengan para perwakilan operator seperti dikuti Antara. [H-12]

0 komentar: