22 Oktober 2009 Telkomsel Hentikan Penjualan Fress

Jakarta, Investor Daily – Telkomsel mengentikan peredaran Kartu As Fress, kartu prabayar yang dilengkapi layanan mobile advertising untuk para pelanggan. Operator terbesar di Tanah Air itu ingin menyempurnakan business model dengan para pengiklan.

“Untuk sementara, peredaran kartu As Fress kami hentikan dulu. Ini bukan berarti, pelanggan yang ada tidak bisa menggunakan kartunya untuk berkomunikasi,” kata General Manager Marketing Communications Telkomsel Nirwan Lesmana kepada Investor Daily di Jakarta, pekan lalu.

Dia menjelaskan, sejak diluncurkan pertama kali pada September 2008, kini jumlah pelanggan kartu AS Fress telah mencapai 1,5 juta. Hanya saja, kartu telepon yang menjadi cikal bakal layanan mobile advertising itu belum maksimal, terutama dalam merekrut pengiklanan.

Perusahaan yang memanfaatkan telepon seluler (ponsel) sebagai media untuk mengiklankan produknya di Indonesia belum banyak. Dengan demikian, manfaat yang bisa diberikan kepada pelanggan belum optimal.

Pelanggan Kartu As Fress otomatis setuju menerima iklan yang dikirim melalui SMS, MMS, atau nada sambung pribadi (NSP). Untuk tahap awal, pelanggan hanya menerima maksimal lima kali (SMS atau MMS) per hari keculai NSP yang berlaku 24 jam. Sebagai bonusnya, pelanggan akan menerima gratis 100 SMS per bulan.

Meski dihentikan, lanjut Nirwan bukan berarti Telkomsel menutup rapat peluang untuk menggarap mobile advertising. “Penghentian ini cuma sementara, dan pelanggan kartu AS Fress yang kini sekitar 1,5 juta masih tetap kami layani. Tunggu saja versi terbarunya, kami masih kaji business model-nya, kok,” kata dia. (rz)

0 komentar: