12 November 2009 Andalkan konsep 4P

Oleh Fita Indah Maulani
Wartawan Bisnis Indonesia

Bisnis Indonesia (11/11/2009) – Dunia pemasaran memang tidak bisa jauh-jauh dari Beydra Yendi Yarman, Sales and Marketing Director PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8).

Memulai karier dengan bekerja di perusahaan Jepang 1990-1993, sejak semula dirinya memang tertarik pada bisnis telekomunikasi, tetapi dia malah memperoleh gelar MBA di University of Central Arkansas karena ditolak ketika melamar ke Kaltim Primacom.

Pascakelulusannya, dia mencoba berkarier di salah satu anak perusahaan Bakrie sebelum akhirnya bergabung dengan PT Excelcomindo Pratama (XL) sebagai tenaga sales. Dalam 4 bulan bekerja, dia berhasil dipromosikan menjadi manager wilayah.

Sebelum hijrah ke Mobile-8, bapak satu anak ini menjabat sebagai Manager Penjualan Regional Jawa Timur XL. Keputusannya pindah ke Mobile-8 diambil pada Juni 2004 karena tertarik dengan tantangan baru.

”Mobile-8 kan operator baru saat itu,” ujarnya kepada Bisnis kemarin.

Pengaruh 4P pun – yaitu product, prize, promotion, dan play distribution masih diyakininya bisa menjawab tantangan persaingan di bisnis telekomunikasi.

Beydra rajin berpromosi dengan strategi bisnis dari mulut ke mulut (direct selling) dalam menjual berbagai penawaran Mobile-8, dia bahakn dengan fasih menceritakan pengalamannya sebagai pengguna langsung dari produk yang dijual.

Sebelum memegang posisinya terakhir, Beydra pernah menjabat sebagai Group Head Sales of West Area yang membawahi penjualan mulai dari Sumatra hingga Jawa Barat. Namun, pada 2006 Global Mediacom-induk perusahaan Mobile-8 menariknya ke anak perusahaann lain, Indovision.

Baru sejak tahun lalu dia kembali ke bisnis telekomunikasi sebagai Sales and Marketing Director Mobile-8. Ditengah padanya jadwal kerja, hingga kini dia masih meluangkan waktu untuk membaca buku dan mendengarkan musik.

“Waktu akhir pekan pasti saya habiskan untuk jalan dengan anak yang masih berusia 7 tahun, karena dari hari Senin hingga Jumat selalu pergi pagi dan pulang di atas pukul 8 malam,” ujarnya.

0 komentar: