04 November 2009 Memimpin di antara 2 perang

Oleh Roni Yunianto
Bisnis Indonesia

Suksesi di tubuh Telkom membawa Triana Mulyatsa, Executive Genaral Manager Divisi TelkomFlexi PT Telkom Tbk, berada di 2 perang. Wajar saja, kompetisi di industri telekomunikasi memang cukup ketat. “Kedepan ini, zamannya perang kualitas setelah perang harga bukan main [ketatnya],” ujarnya baru-baru ini.

Pasalnya, tutur Triana, masyarakat kini sudah lebih pandai. Ini belajar dari pengalaman selama 2008 dan 2009. Namun demikian, pria berkarakter supel ini percaya kualitas tidak dapat diwujudkan sendirian. Untuk mewujudkannya diperlukan dukungan mitra seperti vendor terminal handset.

“Kualitas produk [ponsel] mereka akan turut menentukan bagaimana layanan di-deliver. Jika salah satu tidak berkualitas, masyarakat juga yang merasakan,” tuturnya.

Adapun dalam perang tarif, Triana masih gusar dengan perkembangan yang ada.

Pasalnya ‘Panglima’ baru divisi fixed wireless access (FWA) Telkom ini masih menemukan persepsi yang berbeda dari kalangan masyarakat. “Kami sudah mengeluarkan tarif yang sangat murah, tetapi mengapa masih ada persepsi belum termurah?,” tanyanya.

Dengan sigap, pria yang dikenal pengayom ini pun memotivasi jajaran diler besar hingga frontliner TelkomFlexi untuk membantu dalam hal komunikasi.

Triana telah berkarier di bidang telekomunikasi mulai 1986. penggemar olahraga di antaranya Tenis ini juga hobi menyanyi. Tidak heran dalam beberapa kesempatan dia didaulat untuk membawakan lagu.

Di posisinya yang baru, Triana menekankan indikator prestasi key performance indicator (KPI) di jaringan distribusi Flexi. Dia pun memberi contoh dengan menerapkan KPI maka kinerja jaringan diler yang aktif pun meingkat.

Dia menegaskan pada era konvergensi CDMA dan seluler, kualitas layanan sudah tidak lagi berbeda antara seluler dan telepon tetap nirkabel (CDMA). Dia kagum dengan fenomena pesatnya pertumbuhan akses Internet yang merata diminati anak-anak hingga orang tua.

Pria kelahiran Cilacap, 50 tahun lalu ini mengawali kariernya sebagai staf di bagian tunggakkan fasilitas telkomunikasi pelanggan. Sebelum menempati posisinya yang baru, Triana adalah Executive Genaral Manager PT Telkom Divre V Jawa Timur.

0 komentar: