07 November 2009 Portal E-Commerce Telkom

Telkom Siapkan Plasa.com Jadi Portal E-Commerce

Jakarta, Kontan – Rencana PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) membuat portal e-commerce makin dekat dengan kenyataan. Kemarin, parusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia ini memperkenalkan Mojopia, perusahaan yang akan mengelola situs e-commerce tersebut.

Pendiri perusahaan itu dilakukan lewat PT Metranet, anak usaha Telkom. Nantinya, Mohopia juga akan menyediakan wadah bagi pengusaha kecil dan menengah di situs e-commerce itu. “Kami siapkan wadah di mana UKM bisa berpromosi, menjual barang, melakukan transaksi pembayaran, sampai melakukan pengiriman barang ke pembeli,” terang Chief Executive Officer Mojopia Shinta Dhanuwardoyo, kemarin (5/11).

Shinta mengatakan, pihaknya akan menggunakan plasa.com, portal komunitas, hiburan dan gaya hidup milik Telkom, sebagai portal e-commerce tersebut. Ia menuturkan, bentuknya kurang lebih mirip amazon.com.

Karena itu, daftar jenis barang yang dijual di plasa.com juga beragam, mulai dari kerajinan, produk elektronik, fashion, perlengkapan otomotif hingga perlengkapan kecantikan. Targetnya, pada 2010 nanti, plasa.com bisa melayani 1.000 merchant, dengan jumlah barang yang dijual lebih dari satu juta barang.

Shinta optimistis prospek plasa.com sebagai portal e-commerce bakal cerah. Sebab, pengguna internet bergerak (mobile subscribers) di Indonesia terus meningkat.

Shinta bilang, di 2008 jumlah penggunanya mencapai 128 juta orang. Tahun ini jumlah itu diperkirakan naik hingga 159 juta, dan akan mencapai 233 juta orang di 2010.

Chief Innovation Officer Mojopia Andi S. Boediman menambahkan, pihaknya tidak akan menarik biaya pendaftaran sampai penjualan dengan nilai transaksi tertentu. “Kalau transaksi sudah mencapai Rp5 juta – Rp10 juta, baru kami akan kenakan fee 5%,” jelas Andi. Tapi ia bilang angka itu masih pertimbangan sementara.

Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah mengaku perusahaannya harus merogoh kocek sebesar US$2 juta untuk membangun infrastruktur yang menjadi landasan kerja Mojopia. “Semoga saja traffic penjualan dari Mojopia ini bagus,” harapnya. *Gentur Putro Jati

0 komentar: