Surabaya, Investor Daily – PT Excelcomindo Pratama (EP) Tbk di area timur (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Papua) optimistis, pelanggannya bisa tumbuh 30% pada tahun ini. Tarif promosi masih menjadi andalan operator XL ini.
Vice President PT EP untuk Area Timur Kencono Wibowo mengatakan, optimisme itu didasarkan pada pencapaian yang diperoleh PT EP pada tahun lalu. Hingga kuartal III-2008, pelanggan XL di area Timur naik 40%.
“Tahun ini tarif masih menjadi senjata utama operator untuk meraih pelanggan sebanyak mungkin. Dan XL masih akan menjadikan tarif murah sebagai strategi memperkuat pasar untuk meraih pelanggan baru dan akuisisi dari operator lain,” kata Kencono di Surabaya, Senin (9/2).
Kencono menambahkan, target pertumbuhan pelanggan baru yang ditetapkan manajemen pada tahun ini masih di atas rata-rata industri seluler nasional, yakni sebesar 10%. Pasalnya masih banyak daerah potensial di Jawa ataupun luar Jawa yang bisa digarap.
Pada tahun ini, lanjut dia, fokus PT EP ada dua, yakni meningkatkan pangsa pasar dengan memperkuat posisi XL di daerah yang menjadi market leader. Caranya adalah dengan menambah kapasitas serta menambah coverage daerah yang kurang memberikan kontribusi. Di antara daerah yang selama ini menjadi market leader yakni Lombok, Bali dan Madura.
“Target lain pada tahun ini adalah paling tidak 20% daerah yang XL belum menjadi market leader menjadi leader. Ada sekitar 15 kabupaten/kota yang kami optimistis bisa menjadi market leader, baik itu di Jawa ataupun luar Jawa,” jelasnya.
Untuk itu, PT EP menyiapkan penambahan based tranceiver station (BTS) dari alokasi belanja modal (capex) sebesar US$ 700 juta.
Prioritas lain pada tahun ini, kata Kencono, adalah memperkuat layanan data, baik GPRS, EDGE, maupun 3G dengan menambah jumlah Node B. “Hanya saja, fokus saat ini adalah menambah kapasitas sebelum mengembangkan jaringan di kota-kota lain,” kata dia. (zal)
0 komentar:
Posting Komentar