03 Maret 2009 Akses Data Roaming XL di 6 Negara Rp 25/KB

Jakarta, Investor Daily (2/3) – PT Excelcomindo Pratama (EP) menawarkan tarif layanan data roaming sebesar Rp25 per KB hingga 1.000 KB (1MB) atau maksimal Rp25 ribu per hari. Pelanggan XL prabayar dan pascabayar dapat mengakses layanan data tanpa batas atau daily unlimited di enam negara yang terkoneksi jaringan TMI dan Smartone, yaitu Malaysia, Singapore, Sri Lanka, Bangladesh, Kamboja dan Hong Kong.

“Inovasi layanan ini akan semakin memudahkan pelanggan XL untuk mengakses internet saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Tarif ini sekaligus merupakan yang termurah di dunia,” kata General Manager International Sales Carrier PT EP Retno Wulan di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan, data roaming saat ini berkembang pesat sebagai kelanjutan program yang telah diluncurkan PT EP pada tahun lalu, yakni data roaming yang dibayar per penggunaan (pay per use) sebesar Rp25 per KB. Kali ini, PT EP dan TMI mengembangkan layanan ini untuk para pelanggan XL.

Selama ini pelanggan enggan menggunakan layanan roaming dan lebih memilih menggunakan koneksi broadband di hotel-hotel sebagai alternatif yang lebih murah. Keengganan ini tak lain karena tarifnya mahal.

Layanan yang ditawarkan PT EP kali ini makin memaksimalkan layanan data untuk para pelanggan enam operator jaringan TMI, yaitu XL, Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), M1 (Singapore), TMIB/Aktel (Bangladesh) dan TMIC (Cambodia). Satu operator pendukung di luar jaringan TMI adalah Smartone (Hong Kong). Saat ini, setidaknya terdapat sekitar 500 ribu pelanggan layanan roaming data dari keenam operator tersebut.

Bagi pelanggan XL, layanan unlimited roaming data ini akan berlaku bagi kartu XL prabayar mulai 25 Februari 2009 hingga 31 Juli 2009. Layanan ini juga segera tersedia bagi pelanggan XL pascabayar dan XL Blackberry pascabayar mulai 1 Maret hingga 31 Juli 2009.

Untuk bisa tetap mendapatkan layanan data roaming ini, pelanggan XL prabayar yang melakukan jelajah internasional sebaiknya memiliki pulsa Rp 50 ribu agar dapat maksimal mengakses tanpa batas. Perkiraan rincian layanan adalah sebagai berikut Rp 6.250 (untuk tetap mendapatkan layanan GPRS saja) atau minimal Rp6.800 (agar bisa mengirimkan satu MMS ke nomor XL), minimal Rp 7.500 (agar bisa mengirimkan satu MMS ke nomor selain XL di Indonesia), serta minimal Rp9.550 (agar dapat mengirimkan satu MMS ke nomor internasional).

President and Group Chief Executive Officer TMI Dato’ Sri Jamaludin Ibrahim mengatakan, progaram layanan ini merupakan bagian dari strategi TMI untuk membangun sinergi di antara operator dibawah TMI. Kerja sama memberikan nilai tambah yang menguntungkan para pelanggnan keenam operator berupa tarif yang kompetitif di kawasan ini.

“Dengan program terbaru ini pula, pelanggan kami bisa membuktikan sendiri layanan yang berkualitas di antara keenam operator di setiap negera, yang bisa menunjukkan potensi dari TMI,” kata Dato. (rz)

0 komentar: