24 Juli 2009 AKSI KORPORASI EXCELCOMINDO

EXCL Utang US$ 40 Juta dari Bank Asing

Jakarta, Kontan (23/07/2009) – Tahun ini, PT Excelcomindo Pratama Tbk (EXCL) berniat berutang US$400 juta. Tampaknya, target utang itu akan terpenuhi dalam waktu dekat.

Baru-baru ini, EXCL kembali mendapatkan komitmen kredit dari bank asing senilai US$40 juta. Sebelumnya, operator seluler pemilik merek dagang XL itu sudah meraih kucuran kredit US$360 juta.

Vice President Corporate Finance EXCL Jhonson Chan mengungkapkan, perusahaannya sudah melakukan pertemuan dengan kedua bank asing tersebut. Namun, ia mesih belum membeberkan nama dari dua bank asing itu. “Yang pasti, kedua bank asing tersebut memiliki cabang di Indonesia,” ujarnya kepada KONTAN, kemarin (22/7).

Sebelumnya, EXCL telah mendapat kucuran kredit dari EKN Buyer Credit bernilai sekitar US$210 juta. Selain itu, EXCL juga telah mendapatkan pinjaman bertenor lima tahun senilai US$150 juta dari sindikasi bank lokal pimpinan Bank BNI.

EXCL akan menggunakan utang baru itu untuk membayar utang yang jatuh tempo tahun ini serta untuk menambah belanja modal. Tahun ini EXCL menganggarkan belanja modal sebesar US$600 juta.

Jhonson menambahkan, EXCL juga sedang mencari sumber pendanaan lain untuk menambal belanja modal itu. Selah satu cara yang mereka tempuh adalah dengan menerbitkan obligasi konversi. “Belum tahu secara pasti berapa dan kapan obligasi itu akan terbit. Yang pasti tahun ini,” ujarnya.

Rencana penerbitan obligasi itu tergantung dari keputusan pemegang saham pengendali, yakni Axiata Group Bhd. *Ade Jun Panjaitan

0 komentar: