21 Juli 2009 XL Tunda Rilis BlackBerry Gemini

Surabaya, Investor Daily – PT Excelcomindo Pratama Tbk (EP) menunda peluncuran produk BlackBerry (BB) Gemini akibat keputusan pemerintah membekukan sertifikasi produk terbaru keluaran Research In Motion (RIM). Produk tersebut rencananya dipasarkan di Tanah Air untuk segmen menengah bawah dengan harga Rp 3 jutaan.

Manager Management Service PT EP Martono mengatakan, produk itu rencananya diluncurkan Agustus ini dalam rangka memanfaatkan momen puasa dan lebaran. Produk tersebut sedianya diharapkan bisa mendongkrak pelanggan BlackBerry XL yang saat ini sudah di atas 100 ribu.

“Sampai saat ini belum ada kepastian kapan BlackBerry Gemini akan diluncurkan sambil melihat situasi yang terjadi. Bisa jadi, produk ini tetap diluncurkan bulan puasa ini atau malah setelah Lebaran. Daripada tetap diluncurkan, tapi stok tidak memadai, lebih baik terlambat,” kata Martono di Surabaya, akhir pekan lalu.

Meski pihak RIM sudah sepakat membuka enam layanan service center di Indonesia mulai 26 Agustus 2009, pihak XL tidak mau berspekulasi dengan permintaan pelanggan yang tinggi. “Daripada membohongi pelanggan,” kata dia.

Martono menambahkan, PT EP sangat tertarik segera meluncurkan produk Gemini untuk memperluas segmen pasar layanan BlackBerry yang selama ini masih didominasi pasar menengah atas. Demam Facebook dan fitur lain yang memanfaatkan akses internet memacu segmen menangah bawah tertarik memiliki BlackBerry. Indikasinya adalah ponsel yang mendukung layanan BlackBerry sangat diminati, seperti Nexian. Permintaan ponsel Nexian sangat tinggi, bahkan untuk mendapatkannya harus inden tiga bulan.

Saat ini, kata dia, sisa stok perangkat BlackBerry yang dimiliki XL masih ada 20 ribuan. Ini untuk melayani permintaan pelanggan. Sampai saat ini, XL sudah meluncurkan enam seri BlackBerry, yakni Huron, Curve (dua tipe), Pearl, Javelin, Bold, dan Storm.

“Penjualan BlackBerry tidak terpengaruh, meski sangat ramai diberitakan tentang pembekuan sertifikasi produk BlackBerry. Harapannya, dengan kepastian pembukaan service center dari RIM, pasokan BlackBerry tidak mengalami masalah dan BlackBerry Gemini bisa segara masuk Indonesia,” jelas dia.

Menurut Martono, dari enam produk BlackBerry yang dipasarkan XL saat ini, produk seri Curve, Javelin, dan Bold paling populer. Penyebabnya adalah harga produk cukup murah dan dengan fasilitas memadai. Pertumbuhan pelanggan BlackBerry bisa lebih cepat lagi bila Gemini dipasarkan.

Hanya dalam tiga bulan saja, pertumbuhan pelanggan BlackBerry di Indonesia sampai 500%. Saat ini pelanggan BlackBerry seluruh operator kisaran 400 ribu, dan pelanggan BlackBerry XL sebesar 100 ribu, 30 ribu diantaranya ada di wilayah rimur. (zal)

0 komentar: